Cara Selamatkan Nyawa Usai Digigi Ular

KLIKDONI : Bisa atau racun ular diketahui sangat berbahaya bagi manusia. Bahkan, jenis ular tertentu bisa menyebabkan kematian jika menggigit manusia hanya dalam waktu beberapa jam. Kepala Ruangan IGD RSUD Soreang Heru Heriyanto mengatakan jika digigit ular, ketenangan menjadi hal penting. Mengatur nafas sangat disarankan. Bisa ular menjalar ke dalam tubuh bersama dengan darah.

"Segera datang ke tempat medis terdekat untuk mendapat perawatan," tutur Heru, Selasa (26/11/2019). Jika jauh dari pusat medis, sangat disarankan untuk mengikat tubuh di sekitar bekas gigitan. Dia mencontohkan jika ular menggigit di tangan, maka lengan bagian atas harus diikat oleh tali, supaya bisa tertahan dan tidak menjalar ke dalam tubuh melalui darah.

Namun, mengikat bagian tubuh yang diikat tidak boleh dilakukan terlalu lama. Menurut Heru, paling lama pengikatan hanya dibolehkan selama 2 jam. Apabila lebih dari 2 jam, ikatan harus dilepas dan kembali diikat. 

"Kalau terlalu lama diikat, jaringan bisa mengalami kerusakan bahkan pembusukan akibat bisa. Makanya kalau lebih dari dua jam ikatan harus dilepas dulu, kemudian diikat lagi," katanya. 

Tidak melakukan aktivitas berat sangat disarankan supaya peredaran darah tidak terlalu cepat untuk menghambat bisa menjalar dengan cepat. Meminum air bisa dilalukan, walaupun belum ada penelitian akan mampu menangkal bisa. Namun, dengan minum air banyak, bisa mencegah dehidrasi.

---------
Artikel ini sudah Terbit di AyoBandung.com, dengan Judul Cara Selamatkan Nyawa Usai Digigit Ular, pada URL https://m.ayobandung.com/read/2019/11/26/71243/cara-selamatkan-nyawa-usai-digigit-ular

Penulis: Mildan Abdalloh
Editor : Fira Nursyabani

Share on Google Plus

About klikdoni

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar