Membiasakan Diri Berpikir Positif untuk Meningkatkan Kualitas Hidup



KLIKDONI : Meskipun terdengar mudah, berpikir positif bukanlah hal sepele. Apalagi saat ditimpa suatu masalah, rasanya lebih mudah untuk berpikiran negatif daripada positif. Padahal, sebetulnya kita tahu bahwa berpikir negatif justru akan memperburuk keadaan. Ketahuilah, berpikir positif dapat membantu meningkatkan kualitas hidup. Kabar baiknya, berpikir positif bisa dimulai dengan hal-hal kecil lewat keseharian kita. Lalu, bagaimana cara berpikir positif untuk meningkatkan kualitas hidup? Ini dia caranya!

 1.      Biasakan untuk bersyukur 

Sebelum memulai kegiatan, cobalah setiap pagi bangun dengan menyebutkan hal-hal yang patut disyukuri. Hal-hal seperti keluarga, kesehatan, orang tua yang sehat, pekerjaan, rezeki, hingga rumah dan makanan yang berkecukupan. Dengan memikirkan rezeki yang hadir dalam hidup, maka akan mendorong kamu untuk selalu berpikir positif.

2.      Banyak tersenyum 

Ternyata membiasakan diri untuk tersenyum dapat menjadi salah satu cara berpikir positif yang sederhana dan mudah dilakukan. Dengan tersenyum, mood akan meningkat dan membuat pikiran juga lebih tenang. Hal ini sudah terbukti dari penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang tersenyum saat melakukan pekerjaan di bawah tekanan, justru bisa merasa lebih positif. Jadi, mulailah tersenyum untuk memulai kebiasaan berpikir positif!

3.      Ucapkan perkataan positif untuk diri sendiri 

Apakah kamu pernah mendengar bahwa musuh terbesar kamu adalah diri kamu sendiri? Hal ini karena kritik terpedas justru biasanya datang dari diri sendiri. Penyebabnya karena kita cenderung sulit mengatakan hal-hal positif pada diri sendiri. Oleh sebab itu, ada baiknya kita mulai berbicara hal positif kepada diri sendiri. Dengan memulai kebiasaan ini, kamu akan mengurangi kebiasaan beropini negatif kepada diri sendiri. Perubahan kecil ini dapat mempengaruhi mood, pikiran, hingga perilaku kita saat di bawah tekanan. Stop menyalahkan diri sendiri atas segala hal yang terjadi dalam hidup kita.

 4.      Lihat sisi baik dari masalah 

Saat mendapatkan masalah, jangan langsung melihatnya dari sisi negatif. Apalagi masalah ini mau tak mau akan datang tanpa kita perhitungkan. Jika kita terus menghadapinya dengan pemikiran negatif, tentunya masalah tidak akan pernah selesai. Makanya, mulai sekarang cobalah melihat sisi baik dari masalah yang datang dalam hidup. Misalnya, pada saat teman membatalkan janji tiba-tiba, coba lihat dari sisi baiknya. Kamu jadi bisa memiliki waktu luang untuk beristirahat, melakukan hobi, atau berkumpul dengan keluarga di rumah. Daripada merasa kecewa dan merasa kesal, cobalah fokus pada sisi positifnya.

5.      Kembangkan optimisme 

Practice makes perfect, begitu juga berpikir positif. Semakin sering kamu berpikir positif, maka akan semakin kuat pikiran kamu. Salah satu cara berpikir positif yang bisa kamu coba adalah mengembangkan optimisme. Saat kamu memiliki rasa optimisme, apa pun tantangan yang ada di depan mata akan bisa kamu hadapi dengan positif dan percaya diri.

6.      Berbuat baik kepada orang lain 

Salah satu cara membuka pikiran kita terhadap orang lain adalah dengan berbuat baik. Kadang, kita sering menghakimi orang berdasarkan penampilannya saja dan langsung berfikiran negatif. Padahal, kita belum tentu tahu apa yang ada di dalam hatinya. Karena itu, cobalah berbuat baik kepada orang lain. Selain membuat kita mengubah pikiran menjadi lebih positif, kita bisa membuat diri merasa lebih baik.

7.      Kelilingi diri dengan orang-orang positif 

Bukan hanya dari diri sendiri, ternyata orang-orang sekitar kita juga bisa berpengaruh pada cara berpikir kita. Karenanya, untuk mendapatkan pemikiran yang lebih positif, sebaiknya kelilingi diri dengan orang-orang positif. Hal positif pun akan menular dari circle baru ini. Berada di sekitar orang-orang positif terbukti dapat meningkatkan peluang mencapai tujuan, bahkan mengubah cara kita melihat diri sendiri menjadi lebih baik. Yuk, mulai kelilingi diri dengan orang-orang positif!

8.      Olahraga dan berisitrahat  

Hidup tak hanya soal belajar dan bekerja. Sisakan waktu untuk olahraga dan beristirahat. Manfaatkan waktu ini untuk recharge diri sehingga dapat berpikiran lebih positif. Tentunya cara berpikir positif satu ini harus ditunjang dengan jadwal yang fleksibel.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas hidup, salah satunya dengan menerapkan cara berpikir positif. Kedelapan cara di atas bisa membantu kamu untuk terus berpikiran positif dalam menjalani hidup. Selamat mencoba dan good luck!

 



Share on Google Plus

About klikdoni

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar