Pensiun Dini? Ini Ide Bisnis Paling Cocok Digarap

 

KLIKDONI.COM : Salah satu berkah bagi pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah tetap menerima gaji meski sudah tidak bekerja. Namun buat yang pensiun dini harus sadar pula ya bahwa perjalanan hidup bisa jadi masih panjang.

Menikmati hidup di masa pensiun itu tidak salah, namun bagi mereka yang masih punya kewajiban finansial lain, ada baiknya untuk mempertimbangkan diri membuka bisnis sampingan.

Pendapatan dari bisnis tersebut tentu bisa dialokasikan untuk berinvestasi, agar Anda bisa merdeka finansial dalam waktu yang ditentukan.

Berikut adalah lima ide bisnis yang cocok bagi pensiunan PNS.

1. Penyewaan aset

Penyewaan aset sejatinya bisa berupa sewa kendaraan bermotor, sewa rumah, penginapan, sound system, peralatan pesta, atau aset guna lainnya. Disebut cocok bagi pensiunan lantaran sifatnya yang tidak menguras banyak tenaga dan pikiran.

Bisnis ini pas untuk mereka yang memiliki sejumlah aset guna yang jarang dipakai. Namun tidak menutup juga pada pensiunan yang ingin membeli aset-aset ini dengan tujuan untuk disewakan.

Bila Anda tertarik memulai bisnis ini, cobalah untuk menyewakan aset yang Anda miliki terlebih dulu ketimbang harus membeli baru. Dan ketika ingin membeli baru, jangan lantas menjadikan utang sebagai solusi utama pembiayaannya.

2. Waralaba makanan, minuman, minimarket dan lainnya

Ketimbang harus mendirikan merek sendiri dan berjuang untuk mengenalkannya ke publik, bagaimana jika membeli waralaba atau franchise, dan menjalankan bisnisnya langsung.

Bisnis waralaba adalah salah satu model bisnis yang berjalan antara pemilik merek dan pemodal. Pemodal tentu akan membeli waralaba, dan pemilik merek akan memberikan hak untuk menjalankan usaha ke pemodal.

Pemilik merek juga akan menginformasikan standard operating procedure (SOP) dalam bisnis, menyediakan training ke karyawan, bahan baku pembuatan produk, serta melakukan pemasaran . Tugas pemodal ya tinggal jualan saja sesuai dengan SOP.

3. Buka toko

Tertarik buka toko kelontong yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari? Itu tentunya bisa jadi ide bagus.

Namun patut diketahui pula bahwa toko bukan hanya sebatas toko kelontong, dan bisa berupa toko-toko lain yang Anda kehendaki. Sebut saja seperti toko baju, toko penjual alat tulis, material, alat listrik, jasa fotokopi, tanaman hias, dan lain sebagainya.

Usaha ini bisa dimulai di rumah sendiri tanpa keluar uang sewa bangunan. Anda pun bisa mengalokasikan modal yang Anda miliki untuk membeli peralatan yang bagus.

4. Bengkel

Bengkel tentunya juga merupakan usaha yang cukup menguntungkan, dan tidak hanya sebatas tempat reparasi mobil atau motor. Anda juga bisa membuka bengkel cuci kendaraan dengan bermodal kompresor, peralatan cuci mobil, dan lain sebagainya.

Sama seperti toko, usaha ini juga bisa digarap di rumah. Dengan catatan, Anda memiliki garasi yang cukup mumpuni untuk memarkir kendaraan para pelanggan.

5. Bisnis di hal yang kamu sukai

Tidak ada yang lebih menyenangkan di masa tua selain menekuni apa yang kita sukai. Kesempatan melakukan hal itu mungkin saja tidak terwujud di saat muda lantaran kesibukan kita yang luar biasa.


Segelintir orang mungkin berpikir, bisnis tempat fitness akan sepi di bulan puasa, bisnis studio band atau rekaman adalah kurang menjanjikan, atau bisnis penitipan hewan pasti melelahkan.

Anggapan-anggapan subyektif itu bisa saja dipatahkan apabila kita memang mencintai bidang tersebut dan punya keseriusan untuk menggarapnya sebagai ladang uang.

Melakukan apapun yang Anda sukai tentu bisa membuat Anda lebih bahagia. Hati yang bahagia juga akan membuat Anda sehat selalu di masa tua.

Share on Google Plus

About klikdoni

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar