Peluang Bisnis Budidaya Anggur

 

Budidaya anggur dinilai memiliki peluang bisnis yang cukup besar. Hal ini disampaikan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura Hardiyanto pada saat mengunjungi Kampung Anggur di Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Kamis (16/1/2020).


Hardiyanto mengatakan, di Indonesia telah ada sekitar 55 varietas anggur, 11 di antaranya telah bersertifikat.



Sedangkan lima di antaranya telah komersial dan bisa dibudidayakan.

Budidaya anggur ini kata Hardiyanto dapat dilakukan di skala rumah tangga seperti yang dilakukan masyarakat di Kampung Anggur yang membudidayakan anggur Satriya Tamansari 1 atau anggur Ninel.


"Peluang bisnis cukup besar, banyak yang memetik, memesan benih, berarti banyak peminat. Untuk rumah tangga bisa, family farming. Bagaimana masing-masing keluarga bisa menambah income-nya dengan ini," ujarnya seusai menyerahkan benih lima varietas anggur di Desa Sumbermulyo.


Ia mengaku, saat ini anggur Nusantara dari segi harga masih lebih mahal dibandingkan anggur impor.

Hal ini karena budidaya yang dilakukan kurang efisien, sehingga harga masih kalah.


"Bahkan kalau anggur yang impor karena lebih besar dia akan lebih murah. Jadi kebanyakan masih impor. Ke depan paling tidak harapannya kita bisa untuk substitusi impor, jadi harus dikelola bagus," ujarnya.


Varietas anggur yang diharapkan dapat bersaing antara lain Probolinggo Biru dan Kediri Kuning."Itu belum banyak yang membudidayakan," ungkapnya.


Anggur Satriya Tamansari 1 ini pun nantinya juga dapat dibudidayakan secara luas dengan adanya sertifikat yang telah diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Bantul.


"Sertifikat ini perlu agar benih yang dihasilkan bisa diberi label. Ninel unggulan lokal yang ada di Bantul, nanti akan kami evaluasi lagi seberapa jauh keunggulannya," tuturnya.


"Ini sudah ada sertifikat yang akan diserahkan ke bupati. Kalau mau memperbanyak harus ada labelnya," imbuhnya.


Sementara itu, penggagas Kampung Anggur, Rio Aditya mengatakan, anggur Satriya Tamansari 1 memiliki nilai ekonomi yang lumayan. Jika dijual, perkilogramnya Rp100.000. Sedangkan untuk benihnya saja bisa dijual Rp125.000 hingga Rp200.000.


"Keunggulannya ukuran buah lumayan besar, rasanya manis, warnanya merah, daya tahannya juga bagus," katanya. 


Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Peluang Bisnis Budidaya Anggur Cukup Besar, https://jogja.tribunnews.com/2020/01/16/peluang-bisnis-budidaya-anggur-cukup-besar?page=2.
Penulis: Amalia Nurul F
Editor: Ari Nugroho


Rumah Anggur Tristy

Jl. Gemah Barat No. 50. Majapahit,pedurungan.Semarang

WA. 081225505033







Share on Google Plus

About klikdoni

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar