Menanam Anggur di Rumah


Cara menanam anggur di rumah bisa menggunakan media tanam pot. Memanfaatkan pot di rumah untuk ditanami anggur bisa menjadi pilihan tepat..

Sebelum memutuskan untuk budidaya tanaman anggur, sebaiknya cari tahu informasi sebanyak-banyaknya seputar teknik menanam dan merawat anggur sampai masa panen.

Persiapan stek batang anggur

Metode stek batang sangat ideal untuk menanam anggur di pot rumah. Kriteria stek batang yang baik yakni memiliki panjang ± 20 cm, dan terdiri dari 2-3 ruas yang diambil dari pohon induk yang sudah berumur di atas satu tahun. Buat bentuk batang bulat berdiameter sekitar 1 Cm.

Kulit pada batang harus berwarna cokelat muda dan cerah dengan bagian bawah kulit berwarna hijau, berair, dan bebas dari noda-noda hitam. Lalu mata tunas yang sehat berukuran besar dan tampak padat, sedangkan mata tunas yang tidak sehat ukurannya kecil dan ujungnya tampak memutih seperti kapuk.

·         Proses Tanam

Pertama-tama, masukkan seluruh media tanam berupa campuran tanah – pasir – pupuk Trichokompos(1:1:1) ke dalam pot hingga terisi penuh. Lalu tanam stek anggur yang telah disiapkan pada bagian tengah-tengah pot. Dan siram hingga seluruh media dalam pot basah atau lembab.

·         Buat Penjaga


Agar tanaman anggur bisa tumbuh sempurna, buat ‘para-para’ dari kawat besi dengan cara membuatnya seperti jaring-jaring kotak melingkari sisi pot. Anda bisa curahkan segala kreativfitas di sini dan sesuaikan dengan selera.

·         Metode Perawatan

Lalu siramkan Trichodermadi sekeliling pot, supaya tidak ada jamur yang menggangu pertumbuhan stek. Setelah usia tanaman di dalam pot mencapai kurang lebih 1 bulan, maka berikan pupuk urea atau NPK seimbang sebanyak 1 sendok makan yang dicampur air sekitar 1 liter. Kemudian siram di sekeliling tanaman. Proses pemupukan ini dijadwalkan setiap 15 hari sekali.

Ketika batang primer dan cabang-cabang sekunder telah melampaui tinggi ‘para-para’, maka lakukan pemangkasan dengan menggunakan gunting potong tanaman. Lakukan secara rutin ketika tanaman dalam kondisi yang telah disebutkan.

 

Share on Google Plus

About klikdoni

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar