Tips Menanam Anggur Import di Rumah

 Rumah Anggur NatasyaTanaman anggur import selain dapat ditanam langsung ditanah, dapat pula ditanam pada pot sebagai tabulampot atau tanaman buah dalam pot. Sehingga bagi anda yang ingin membudidayakan anggur tetapi tidak memiliki lahan, metode tabulampot ini bisa menjadi solusinya. 

Tanaman anggur yang ditanam dalam pot memiliki media yang terbatas, sehingga kemampuan akar dalam menyerap unsur hara juga terbatas, yaitu hanya dari dalam pot. Maka dalam mempersiapkan penanaman terutama media tanamnya harus tepat, terlebih tanaman anggur yang ditanam adalah anggur import. 

Berikut tahapan cara menanam anggur impor : 


1.    PERSIAPAN BIBIT 

Bibit tanaman merupakan hal  yang sangat menentukan tingkat keberhasilan tabulampot. Terdapat dua jenis bibit tanaman, yaitu bibit hasil perbanyakan generatif (dari biji) dan bibit hasil perbanyakan vegetatif (cangkok, okulasi, stek dan penyambungan).

 

Untuk budidaya tabulampot sebaiknya gunakan bibit hasil perbanyakan vegetatif. Kelebihan bibit hasil vegetatif yaitu sifat tanamannya bisa dipastikan, karena sama dengan sifat induknya. Sehingga keberhasilannya lebih mudah diprediksi. Selain itu, bibit perbanyakan vegetatif lebih cepat berbuah.

 

Pada kesempatan kali ini kita akan menanam bibit anggur import hasil perbanyakan dengan cara grafting atau sambung pucuk yang ditanam pada polybag.

 

2.    PERSIAPAN TEMPAT TANAM/POT 


Siapkan pot dengan ukuran 50 cm, jika ada kemungkinan tanaman dalam pot akan dijual atau dipindah-pindah tempat. Akan tetapi jika pohon tidak ada rencana geser atau dijual, ukuran 60 – 80 cm lebih bagus.

 

Hal penting yang harus diperhatikan dalam pemilihan pot adalah pastikan bahwa pot tersebut memiliki lubang di dasar pot yang berfungsi mengalirkan sisa air setelah penyiraman agar akar tanaman tidak terendam.

 

Wadah tabulampot yang baik harus memiliki kaki atau alas yang memisahkan dasar pot dengan tanah. Hal ini penting untuk aliran drainase, sirkulasi udara dan memudahkan pengawasan agar akar tanaman tidak menembus tanah, jika pot yang anda miliki tidak memiliki kaki, gunakan batu-bata atau yang sejenisnya untuk mengganti kaki pot.

 

3.    PERSIAPAN MEDIA TANAM 


Syarat media tanam tabulampot anggur yaitu porous, bisa menyimpan air dan memasok nutrisi yang dibutuhkan tanaman.

Media tanam yang baik untuk tabulampot anggur yaitu campuran tanah subur dan gembur, kompos/pupuk kandang yang telah matang melalui proses fermentasi, arang sekam dan pasir dengan komposisi 1:1:1:1 kemudian aduk hingga merata.

 

4.    PENANAMAN BIBIT 


a.       Sebelum memasukkan media tanam pada pot, letakkan pecahan batu bata, genteng atau potongan-potongan styrofoam pada dasar pot, satu lapis saja agar drainase dan sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik.

b.       Tambahkan pula sedikit pasir yang dicampur dolomit di atas pecahan batu-bata, fungsi dari dolomit ini sebagai kalsium alami.

c.        Kemudian isi dengan media tanam yang sudah disiapkan hingga setengah tinggi pot.

d.       Buka plastik polybag pada bibit tanaman, letakkan tepat ditengah-tengah pot, atur peletakan agar tanaman tegak lurus/tidak miring, timbun dengan media tanam yang sama hingga pangkal batang.

e.        Siram media pada pot hingga benar benar basah dan merata, caranya dengan menyiramkan air sedikit demi sedikit hingga air benar-benar meresap secara merata ke seluruh bagian media tanam dalam pot.

f.        Simpan tabulampot di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari secara  langsung untuk beradaptasi. Siram setiap pagi atau sore hari. Setelah satu minggu, letakkan tabulampot di tempat terbuka.

 

 

Share on Google Plus

About klikdoni

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar