5 Gerakan Olahraga untuk Cegah Ejakulasi Dini


KLIKDONI - Tak sedikit pria yang mengalami masalah dalam kehidupan seks seperti ejakulasi dini. Kondisi ini terjadi ketika pria mengalami orgasme dengan sangat cepat atau bahkan tidak bisa mengendalikannya sama sekali.

Meski mungkin tidak memengaruhi kesehatan secara fisik, ejakulasi dini dapat menurunkan kepuasan seksual orang yang mengalami dan juga pasangannya. Nah, beberapa latihan fisik dan olahraga pun diketahui dapat membantu menunda ejakulasi.

Dikombinasikan dengan gaya hidup sehat lainnya termasuk pola makan bergizi, istirahat cukup dan tidak merokok, olahraga untuk cegah ejakulasi dini pun makin efektif. Berikut daftar olahraga yang bisa dipilih:

1. Latihan Kegel


Dikutip dari Men's Health, sebuah penelitian menemukan bahwa memperkuat otot dasar panggul pria dapat membantu mencegah ejakulasi dini. Otot dasar panggul yakni otot yang mengelilingi pangkal penis dan membentuk bagian bawah panggul. 

Latihan fisik yang bisa dilakukan untuk melatih bagian otot tersebut yakni latihan Kegel. Agar optimal, lakukan sebanyak 3 set masing-masing 30 repetisi, 3 hingga 4 kali seminggu.

Baca Juga : Cara Jitu atasi Ejakulasi Dini

Untuk melakukan latihan Kegel, temukan otot panggul bawah terlebih dahulu. Otot ini memiliki fungsi untuk menahan keluarnya urine saat ingin buang air kecil. Jika sudah ditemukan, kosongkan kandung kemih.

Kencangkan otot panggul bawah dan tahan selama 5 detik, lalu lepaskan. Lakukan gerakan tersebut selama 4-5 kali. Setelah itu, tingkatkan durasinya menjadi 10 detik.

"Otot dasar panggul secara aktif terlibat dalam fungsi seksual, jadi wajar untuk mengasumsikan bahwa dengan meningkatkan fungsi otot-otot ini, pria lebih mampu mengendalikan ejakulasi," kata Yuchin Chang, ahli terapi fisik di Professional Physical Therapy and Training, seperti dilansir Reuters.

2. Barbell Hip Thrusts


Dorongan pada area pinggul dapat melatih otot dan kemampuan pria untuk mengendalikan ejakulasi. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari latihan barbell hip thrusts, lakukan sebanyak 3 set 10 repetisi.

Latihan ini dilakukan dengan berbaring telentang pada kursi dan bertumpu dengan punggung, sementara kaki tetap rata di lantai. 

Letakkan barbel di lipatan pinggul dan angkat pinggul hingga tubuh membentuk garis lurus dari bahu hingga lutut. Tahan selama satu hitungan lalu perlahan kembali ke posisi awal.

Apa saja olahraga dan gerakan lain yang efektif untuk cegah ejakulasi dini? 

3. Squat depan


Dilakukan sebanyak 3 set 8-10 repetisi, latihan squat depan atau front squat menargetkan otot-otot tubuh. National Strength and Conditioning Association mengungkapkan bahwa gerakan lain, termasuk deadlift dan bench press, memicu respons hormonal yang sangat besar dan membuat kadar testosteron melonjak.

Pada gilirannya, hal ini dapat membantu pria mendapatkan orgasme yang lebih lama dan lebih kuat.

Untuk melakukannya, cobalah untuk berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu dan memegang barbel di dada bagian atas. Topang beban dengan jari-jari dan rentangkan pergelangan tangan. Berhati-hatilah agar punggung tidak melengkung, dorong pinggul ke belakang dan tekuk lutut untuk menurunkan tubuh hingga paha sejajar dengan lantai. 

Setelah itu, berikan tumpuan beban pada tumit ke lantai untuk mendorong tubuh kembali ke posisi awal secara eksplosif.

4. Kettlebell swings

Kettlebell swings atau gerakan mengayun kettlebell efektif dilakukan untuk cegah ejakulasi dini sebanyak 3 set 10-15 repetisi.

Penelitian dari Harvard Medical School menunjukkan bahwa daerah dasar panggul yang kuat dapat meningkatkan durasi ereksi. Gerakan mengayun beban ini juga membantu memperkuat area posterior dan daerah panggul, sehingga mencegah ejakulasi dini dan membuat pria semakin aktif saat berhubungan seks.

Pertama-tama, berdiri dengan kaki sedikit lebih lebar dari bahu. Kedua, tekuk lutut untuk meraih kettlebell dengan kedua tangan. Setelah itu, angkat pinggul dan jaga agar punggung tetap rata, ayunkan beban hingga setinggi bahu. Kembali ke posisi awal dan ulangi tanpa kehilangan momentum ayunan.

5. Squats

Lakukan squats untuk melatih otot cegah ejakulasi dini sebanyak 3 set 10 repetisi. Latihan ini tak hanya dapat membantu meningkatkan kadar testosteron, tetapi juga dapat meningkatkan aliran darah ke daerah panggul dan membuat orgasme jadi lebih intens.

Untuk posisi awal, cobalah berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu. Kemudian mulailah gerakan dengan menekuk lutut dan seperti 'duduk di udara' dengan pinggul turun ke bawah. 

Lakukan penurunan pinggul sejauh mungkin dan dengan cepat segera berbalik kembali ke posisi awal. Agar lebih optimal, jaga agar kepala tetap tegak selama melakukan gerakan.

Demikian beberapa gerakan olahraga untuk cegah ejakulasi yang bisa dilakukan suami di rumah. Lakukan secara rutin agar lebih optimal, ya!

Share on Google Plus

About klikdoni

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar