Tips Praktis Rawat Payudara Bengkak Pasca Melahirkan


KLIKDONI.com - Saat hamil ukuran payudara akan bertambah besar. Ini karena saat hamil tubuh melepas hormon estrogen dan progesteron serta prolaktin, hormon yang mempersiapkan tubuh untuk proses menyusui setelah melahirkan. 

Perubahan ini memang sering membuat ibu hamil merasa tak nyaman karena payudara bengkak dan kadang terasa sakit. Payudara bengkak ini biasanya terasa penuh, nyeri, keras, membesar, dan disertai rasa tidak nyaman atau bahkan sakit. Nah, berikut ini Vemale akan coba hadirkan beberapa tips mudah untuk merawat payudara yang bengkak setelah melahirkan.
  • Pertama Mommy harus memilih bra yang tepat. Pastikan bra yang dikenakan tak terlalu ketat dan longgar serta tetap bisa menopang payudara dengan baik. Yang paling penting Mom merasa nyaman dengan bra yang dikenakan.
  • Saat payudara terasa sakit Mommy bisa mencoba mengurangi rasa sakit dengan menguapi payudara dengan uap panas.
  • Agar saluran payudara tak terhambat, Mom disarankan sering-sering menyusui. Jika sedang bekerja maka rajin-rajinlah memompa ASIP.
  • Rajin menyusui akan membuat payudara lebih sehat. ASI yang terkumpul di payudara ternyata bisa membuat radang jaringan lemak di payudara dan membuatnya makin sakit.
  • Mommy juga bisa mengompres payudara yang sakit dengan es untuk mendinginkannya selama kurang lebih 10 menit.
  • Lakukan juga pijat payudara lembut untuk meningkatkan sirkulasi darah pada payudara dan mengurangi rasa tak nyaman.

Dengan begini kesehatan payudara akan lebih terjamin. Menyusui pun akan terasa lebih mudah Ladies. Semoga informasi ini bermanfaat ya. Happy breastfeeding Mom!
Share on Google Plus

About Donny Nur

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar