Waspadai Gejala Awal Kanker Serviks

Kanker serviks atau juga sering disebut kanker leher rahim, termasuk salah satu yang paling banyak menyerang wanita di Indonesia. Gejala awal kanker serviks seringkali tampak samar, sehingga banyak wanita kurang memperhatikan. 
Tak jarang kanker ini baru diketahui pada stadium lanjut dan penanganan yang dilakukan mungkin sudah terlambat.
Data per tahun 2013 yang dihimpun oleh Kementrian Kesehatan menunjukkan, kanker serviks dan kanker payudara menempati posisi pertama dan kedua terbanyak dari keseluruhan kasus kanker. Kanker serviks dan kanker payudara juga merupakan dua jenis yang terbanyak dilakukan perawatan di rumah sakit pusat rujukan kanker nasional.

Cermati Tanda-tandanya

Serviks adalah bagian yang sempit dari pembukaan rahim ke arah rongga vagina (leher rahim). Kanker serviks terjadi ketika tumbuh sel-sel abnormal secara tidak terkendali. Kondisi ini dapat diatasi ketika ditemukan pada stadium dini, melalui pemeriksaan papsmear.
Pasalnya, kanker serviks stadium dini jarang memperlihatkan gejala tertentu. Ketika gejala sudah tampak, umumnya hal itu karena sel kanker serviks sudah mulai menginvasi jaringan di sekitarnya.
  • ubahan cairan vagina
Timbulnya keputihan bersama perdarahan adalah hal yang tidak biasa. Keadaan ini merupakan salah satu gejala awal kanker serviks yang harus diwaspadai. Keputihan dengan cairan vagina yang berwarna coklat, pucat, encer, berbau busuk, ataupun bercampur darah, yang terjadi terus menerus atau berulang, bisa merupakan tanda kanker serviks maupun infeksi biasa.
  • Perdarahan abnormal
Beberapa jenis perdarahan abnormal, misalnya perdarahan terjadi di luar waktu haid, darah haid yang lebih banyak, waktu haid lebih lama, dan perdarahan setelah menopause. Termasuk, perdarahan yang terjadi setelah hubungan seksual. Waspadai hal itu sebagai gejala awal kanker serviks. Meski ada kemungkinan penyebab lain, namun penting untuk segera memeriksakan kondisi ini.
  • Nyeri di bagian perut bawah atau leher rahim
Timbul rasa nyeri pada perut bagian bawah atau area panggul, serta nyeri saat berhubungan intim, juga dapat dicurigai sebagai gejala awal kanker serviks.
  • Positif terinfeksi Human PapillomaVirus
Umumnya kanker serviks disebabkan oleh virus HPV atau human papillomavirusyang dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Sebagian HPV dapat memicu terjadinya kutil kelamin, sebagian lagi menyebabkan kanker serviks.
Jika kanker serviks sudah berkembang ke stadium yang lebih parah, gejala-gejalanya antara lain nyeri di dalam rongga panggul atau punggung, kesulitan buang air kecil, pembengkakan pada salah satu atau kedua kaki, dan merasa lelah. Selain itu, gejala lain seperti sakit pada tulang, darah pada urine, perubahan kebiasaan buang air besar, kehilangan nafsu makan, serta penurunan berat badan.

Intimate Tissue Double Majakani

PERTAMA Di INDONESIA!
Tissue HERBAL Khusus Untuk Organ Intim Wanita
Mengetatkan, Atasi Keputihan & Cegah Kanker Serviks
Lebih Kesat & Lebih Sensitif
Produk PREMIUM & TERLARIS Dari Boyke & Co

                                    
                                                                 KLIK DI SINI

TISU DOUBLE MAJAKANI (Khusus Wanita) 
dengan CHAMOMILE
Produk khusus untuk wanita, produk ISTIMEWA dari Boyke & Co.




Share on Google Plus

About Donny Nur

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar