7 Manfaat Senam Aerobik yang Harus Diketahui

Sanggar Senam NATASYA : Olahraga merupakan salah satu kegiatan menyehatkan yang justru kebanyakan orang malah malas untuk melakukannya. Hal ini dapat dilihat dari betapa banyaknya orang yang enggan melakukan kegiatan menyehatkan yang satu ini. Sebagian orang beralasan karena mereka tidak punya banyak waktu luang, malas, atau mungkin mereka tidak berolahraga karena tidak ada seorang pun teman yang dapat menemaninya.

Padahal, olahraga itu kan banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Meskipun kita rajin mengonsumsi makanan yang bergizi, tanpa dibarengi olahraga manfaat yang didapatkan tentu saja tidak akan maksimal. Oleh karena itu, lakukanlah olahraga minimal sekali dalam satu minggu supaya tubuh tetap sehat, bugar, dan otot-otot tidak kaku.

Sampai saat ini, ada banyak sekali jenis olahraga yang dapat dilakukan. Mulai dari cabang olahraga atletik, sampai ke cabang olahraga permainan. Bila Anda bosan dengan olahraga yang itu-itu saja, misalkan lari. Maka Anda bisa mencoba olahraga lainnya yang tentunya sama-sama menyehatkan, contohnya adalah olahraga senam aerobik.

Salah seorang instruktur senam pernah menjelaskan bahwa senam aerobik merupakan gabungan dari beberapa gerakan-gerakan enerjik, kreatif, berirama cepat yang mendasarkan gerakannya pada tumpuan kaki, loncat, serta gerakan tangan yang disesuaikan dengan fungsi senam.

Pada umumnya, manfaat senam aerobik adalah untuk meningkatkan kesehatan jantung sekaligus menjaga stamina tubuh. Senam aerobik sangat baik dilakukan mulai dari jam 6 pagi sampai jam 5 sore hari. Selain itu, olahraga yang satu ini juga tidak memerlukan tempat khusus. Kita bisa melakukan senam aerobik baik itu ditempat lapang atau bahkan bisa juga dirumah sendiri. Supaya lebih menyenangkan, sebaiknya ajak teman-teman Anda untuk ikut melakukan senam aerobik.

Manfaat Senam Aerobik Bagi Kesehatan

Setiap olahraga tentu baik untuk kesehatan, selama hal itu dilakukan dengan cara yang benar dan tidak berlebihan. Hal ini tentu saja berlaku juga untuk senam aerobik. Berikut adalah beberapa manfaat senam aerobik yang harus kita ketahui.

1. Meningkatkan fungsi jantung
Gerakan senam yang dilakukan secara kontinyu dan berulang-ulang membuat jantung bekerja dengan lebih cepat. Bila dilakukan selama 20 menit, berarti Anda telah memulai langkah sehat untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda.

2. Menurunkan Berat Badan
Selain menjalankan program diet sehat seperti membatasi jumlah kalori yang masuk kedalam tubuh, kita juga bisa menurunkan berat badan dengan cara berolahraga. Supaya lebih cepat dalam membakar lemak, sebaiknya pilihlah jenis olahraga yang banyak menggerakan anggota badan seperti halnya jogging dan juga senam aerobik.

3. Meningkatkan fungsi kognitif
Percaya atau tidak, senam aerobik termasuk kedalam salah satu jenis olahraga yang mampu meningkatkan penyebaran oksigen ke seluruh tubuh termasuk kebagian otak kita. Bilamana oksigen yang masuk ke otak terpenuhi dengan baik, maka fungsi otak kita akan meningkat dan secara tidak langsung fungsi kognitif pun akan ikut mengalami peningkatkan. Telah banyak para ahli yang menyatakan bahwa olahraga juga dapat meningkatkan daya ingat dan juga kapasitas otak.

4. Mengurangi stres dan meningkatkan mood
Banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan terkadang mampu membuat seseorang menjadi stres. Bila stres sudah melanda, maka mood dan tingkat kreativitas seseorang akan berkurang. Hal ini dikarenakan hormon endorfin yang bekerja untuk membuat seseorang merasa lebih senang mulai berkurang. Untuk itu, diperlukanlah suatu aktivitas yang mampu meningkatkan hormon tersebut. Salah satu aktivitas yang mampu meningkatkan jumlah hormon endorfin adalah senam aerobik. Bila dilakukan secara teratur, maka kondisi stres yang dialami akan berkurang yang pada akhirnya mood Anda pun akan kembali meningkat.

5. Tidak mudah terserang penyakit
Manfaat senam aerobik selanjutnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh kita tidak mudah untuk terserang penyakit. Hal ini dapat terjadi karena toksin-toksin yang ada didalam tubuh akan keluar melalui keringat. Disamping itu, semua organ yang ada didalam tubuh pun akan bekerja secara maksimal.

6. Meningkatkan stamina
Bila selama ini Anda seringkali merasakan kelehan meskipun Anda baru sebentar saja melakukan suatu aktivitas, kemungkinan besar sistem pernapasan Anda mengalami gangguan yang disebabkan adanya lemak serta gangguan aliran oksigen dalam darah. Melakukan senam aerobik secara teratur akan memperbaiki sistem pernapasan supaya dapat berjalan lebih optimal dan pada akhirnya Anda pun tidak akan mudah merasa lelah.

7. Meningkatkan kelenturan dan kebugaran
Gerakan-gerakan yang ada pada senam aerobik mempunyai sifat berulang-ulang yang membutuhkan koordinasi tubuh. Bila kita dapat melakukan senam aerobik dengan baik dan benar, hal ini akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

Lakukanlah senam aerobik secara rutin supaya manfaat yang didapat jauh lebih maksimal. Semoga informasimanfaat senam aerobik ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba...

Sanggar Senam NATASYA
Perum Pondok Majapahit 1 
Bandungrejo-Mranggen-Demak
WA : 08122851919

Share on Google Plus

About klikdoni

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar