5 Hal yang Ada Pada Diri Seorang Entrepreneur Sejati


KLIKDONI.com - Meskipun saat ini ada banyak orang yang bercita-cita memiliki bisnis sendiri, sayangnya tidak semua orang berhasil mewujudkannya. Ada orang yang mungkin ingin mendirikan sebuah usaha namun takut dengan resiko di belakangnya. Ada pula yang tidak takut dengan resiko tetapi justru tidak tahu harus mulai dari mana. Sementara yang lainnya bahkan tidak mengerti akan berbisnis apa.
Karenanya meski ada kalimat yang mengatakan bahwa, “Menjadi pengusaha sukses adalah sesuatu yang diusahakan bukan dilahirkan”, tetapi tetap saja pada kenyataannya ada orang yang seolah terlahir untuk menjadi survival dalam dunia bisnis. 
Nah di artikel berikut ini akan mengulas seperti apa sih ciri-ciri orang yang memang memiliki jiwa pengusaha sejati:
1.     Kamu adalah pribadi yang berani mengambil resiko tapi juga penuh perhitungan
Salah satu tanda yang biasanya dimiliki oleh mereka yang berbakat menjadi pengusaha adalah sikapnya yang cukup berani mengambil resiko. Ketika orang lain sibuk memikirkan kemungkinan mengalami kerugian seperti: ditipu orang, barang tak laku dijual, atau bahkan strategi bisnis tak jalan sang pengusaha sejati tidak akan mundur hanya karena resiko ini.
Alih-alih berfokus pada rasa takut, mereka justru lebih senang memikirkan berbagai solusi yang bisa diambil saat hal yang ditakutkan itu terjadi. Mereka akan sibuk memikirkan strategi untuk mensukseskan rencana bisnis yang sedang dirintis. Rasa takut tidak akan membuat mereka berhenti tapi justru memacu mereka untuk merancang strategi bisnis yang lebih baik lagi.

2. Tidak ada kata menyerah dalam kamus hidupmu. Kamu akan terus berjuang mendapatkan apa yang diinginkan

Selain berani mengambil resiko, orang yang berbakat menjadi pengusaha juga memiliki semangat juang yang tinggi. Seperti kita ketahui bahwa tingginya resiko dan persaingan dalam dunia usaha membuat pebisnis pasti berhadapan dengan berbagai masalah yang siap menghadang. Jika mereka memiliki semangat yang gampang mengendur, bukan tidak mungkin usaha yang sedang sedang dirintis berhenti di tengah jalan.
Maka dari itu dibutuhkan siap “keras kepala” yang membuat para pebisnis siap bertempur dengan aneka problematika bisnis nantinya. Jika kamu saat ini adalah seorang yang tidak mudah mengeluh dan menyerah saat harus berhadapan dengan masalah, bisa jadi kamu adalah salah satu calon pengusaha sukses di masa depan.

3. Kamu percaya pada kemampuan diri sendiri untuk mensukseskan bisnis tersebut suatu hari nanti

Saat pertama kali merancang sebuah bisnis, dipandang sebelah mata atau malah ditertawakan adalah hal yang biasa dirasakan oleh pebisnis pemula. Keadaan biasanya bertambah parah apabila orang lain menilai ide usahamu terdengar gila dan tak masuk akal. Berbagai komentar negatif bisa saja mampir di telinga. Mereka akan ragu dengan kemampuanmu mewujudukan rencana tersebut.
Akan tetapi meski dihina dan diragukan sang pengusaha sejati tidak akan mundur sedikit pun. Saat orang lain menganggap rencana tersebut tak layak diperjuangkan ia justru makin terpacu untuk mewujudkannya. Seorang yang terlahir sebagai pengusaha sukses percaya dengan kemampuan dirinya untuk membawa bisnis rintisannya mengecap keberhasilan di masa depan.

4. Kamu mampu melihat permasalahan sebagai tantangan dan bukan hambatan

Tingginya risiko dalam dunia bisnis membuat para pengusaha sering berhadapan dengan masalah yang tak pernah diduga. Mulai dari naiknya harga bahan baku, kedatangan pesaing baru, atau mungkin ketidakpuasan konsumen menjadi sekelumit masalah yang umum dihadapi oleh para pebisnis.
Karena itu wajib hukumnya bagi seorang pebisnis untuk mampu melihat berbagai masalah sebagai tantangan dan bukan hambatan. Dengan sudut pandang ini seorang pengusaha tidak akan mudah menyerah dengan berbagai masalah yang ada. Ia justru akan semakin terpacu untuk keluar dari masalah tersebut dan mencari jalan keluarnya.

5. Kamu tidak mudah puas dengan capaian saat ini dan selalu ingin memperbaiki diri

Sebagian besar orang selalu mempertanyakan mengapa banyak pengusaha besar yang telah sukses dengan usahanya selalu ingin melakukan ekspansi bisnis. Sederet pertanyaan seperti:
Ngapain buka toko baru, kan yang lama juga sudah berkembang?
Kok produk A itu bikin produk baru lagi sih, bukan dari yang dulu saja sudah banyak dapat untung?
Ya tidak sedikit orang yang mempertanyakan mengapa seorang pengusaha akan terus berusaha mengembangkan bisnisnya. Mereka umumnya tak paham kalau di dalam diri seorang pebisnis akan selalu ada rasa penasaran dan keinginan untuk terus mengembangkan bisnisnya dari ke hari.
Karenanya jika kamu adalah orang yang juga selalu merasa tidak pernah puas dengan capaian hari ini dan terus mau berusaha, bisa jadi kamu memang berbakat menjadi pengusaha yang memang memiliki sikap tak cepat puas. Kamu memang dilahirkan dengan semangat untuk terus berjuang hingga suatu saat nanti berada pada titik kesuksesan yang didambakan.
Jika kamu mempunyai lebih dari setengah tanda tersebut bisa jadi kamu adalah memang seorang yang terlahir untuk menjadi entrepreneur.


Share on Google Plus

About Donny Nur

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar