Takut Menganggur Setelah Pensiun? Coba Rintis Usaha Ini

KLIKDONI.com - Anda seorang pegawai swasta yang sebentar lagi akan memasuki masa pensiun atau berniat untuk melakukan pensiun dini?
Anda khawatir tidak memiliki pendapatan lagi karena sudah pensiun kerja? Tak perlu khawatir. Walaupun sudah tidak bekerja kepada orang lain, Anda dapat memulai usaha di masa pensiun sendiri, bahkan Anda justru dapat memberikan lapangan pekerjaan kepada orang lain.
Syaratnya cukup mudah, yakni Anda hanya membutuhkan sedikit kreativitas dan kejelian untuk menangkap peluang bisnis atau pekerjaan yang dapat dilakukan.
Selain itu, Anda juga perlu menjalankan sektor usaha di masa pensiun yang tidak akan membuat Anda untuk berpikir keras. Bisnis yang dipilih juga harus disesuaikan dengan kesehatan dan stamina Anda yang sudah tidak sekuat ketika masih muda.
Karena itu, pintar-pintarlah untuk memulai sebuah jenis usaha di masa pensiun. Akan lebih baik lagi apabila usaha yang akan dijalankan adalah yang sesuai dengan minat atau hobi Anda.
Berikut adalah jenis-jenis usaha yang dapat dilakukan di masa pensiun oleh Anda dikutip BPost online dari aturduit.com:
Travel Writer
Ketika memasuki masa pensiun, berarti saatnya Anda menikmati dunia, tidak lagi terkungkung oleh hiruk-pikuknya perkotaan maupun pekerjaan kantor.
Jika Anda memilih bepergian untuk mengisi masa pensiun, Anda dapat memperoleh keuntungan ketika melakukan perjalanan itu, yakni dengan membuat sebuah tulisan mengenai perjalanan Anda maupun destinasi yang dikunjungi.
Tulisan Anda nantinya dapat dikirimkan ke majalah-majalah atau situs traveling, tentunya Anda akan mendapatkan bayaran untuk karya Anda itu.
Walaupun tidak seberapa, tapi bayaran yang diterima tentu akan semakin banyak seiring dengan kualitas tulisan serta popularitas Anda yang menanjak sebagai seorang travel writer.
Fotografer
Selain menghasilkan uang melalui tulisan yang Anda buat berdasarkan perjalanan yang dilakukan, Anda juga dapat menerima pemasukan dari foto-foto yang Anda ambil.
Secara umum, harga sebuah foto lebih mahal daripada sebuah tulisan. Karena itu, jika sedang bepergian, jangan lupa untuk memotret segala hal yang Anda temui karena foto karya Anda itu bisa saja dibutuhkan oleh orang lain.
Anda dapat menawarkan foto-foto perjalanan Anda kepada majalah maupun situs traveling. Harga yang diberikan pun berbeda-beda. Semakin langka dan unik foto yang Anda ambil, semakin besar pula bayaran yang Anda terima.
Beternak
Ketika memasuki masa pensiun, biasanya orang-orang akan memilih untuk pulang kampung atau memilih pindah dari kota yang padat.
Dengan demikian, untuk menghabiskan waktu di tempat baru, jenis usaha di masa pensiun yang dapat dilakukan adalah dengan beternak, seperti beternak ayam, ikan, atau bebek.
Seperti diketahui, tingkat permintaan ayam, ikan, dan bebek di Indonesia sangatlah tinggi. Karena itu, Anda tak perlu khawatir hasil ternak Anda tidak akan laku.
Jenis usaha ini tidaklah terlalu rumit dan menuntut otak untuk bekerja keras. Anda hanya membutuhkan modal awal serta tempat untuk beternak.
Toko Online
Walaupun kebanyakan pelaku bisnis toko online adalah anak muda, bukan berarti seorang pensiunan tidak boleh berpartisipasi.
Walaupun keuntungan yang diperoleh dari toko online belum tentu besar dan jelas, tapi modal yang dikeluarkan pun tidak terlalu besar. Karena itu, tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis ini.
Konsultan
Jika sebelumnya Anda bekerja di sebuah perusahaan konsultan, maka ketika pensiun tidak ada salahnya untuk menjalankan bisnis konsultan Anda sendiri.
Namun, yang perlu diperhatikan bahwa mungkin menyediakan jasa konsultan ini tidak bisa Anda lakukan seterusnya, sebab menyediakan jasa konsultasi memerlukan otak yang bekerja keras.
Berbisnis jasa konsultasi ini dapat Anda lakukan di awal-awal masa pensiun saja, ketika otak Anda masih mampu untuk bekerja cukup keras. Jenis konsultasi yang dapat Anda tawarkan adalah mengenai keuangan atau investasi.
Apa pun jenis usaha di masa pensiun yang Anda pilih, lakukanlah yang sesuai dengan minat maupun kemampuan Anda. Jangan terlalu serius menjalani usaha ini, setidaknya minimal jangan sampai bisnis Anda mengalami kerugian.
Jika Anda terlalu serius dan menuntut untung yang besar dari bisnis Anda, takutnya masa tua Anda menjadi tertekan karena harus mengurus bisnis tersebut.
Share on Google Plus

About Donny Nur

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar