Wanita Lebih Rentan Terkena Osteoporosis

KLIKDONI.com - Penyakit osteoporosis adalah kondisi dimana kepadatan tulang berkurang secara progresif. Akibatnya, tulang menjadi rapuh dan rentan retak.

Dr. Ika Syamsul Huda, Sp.PD dari SMF Penyakit Dalam RSUP dr Kariadi mengatakan, perempuan lebih rentan terkena osteoporosis dibandingkan laki-laki. Apalagi ketika usia sudah memasuki usia di atas 30 tahun karena pertumbuhan dan perkembangan tulang sudah mencapai batas maksimal.
''Perbandingannya sebanyak 38 persen penderita osteoporosis adalah wanita, sekitar 8-9 persen adalah laki-laki. Kebanyakan osteoporosis terjadi pada usia lanjut,'' ujarnya.
Dia menerangkan, tidak ada gejala untuk penyakit tersebut atau biasa disebut silent sickness. Osteoporosis baru akan disadari penderita ketika terjatuh sedikit bisa mengalami patah tulang.
Disebutkannya orang yang memiliki riwayat keluarga mengidap penyakit tersebut berpeluang lebih besar terkena osteoporosis.Misalnya bapak atau ibu memiliki penyakit tersebut otomatis anaknya berpotensi memiliki risiko lebih besar mengalami osteoporosis.
''Gejalanya tidak khas seperti nyeri-nyeri biasa. Tapi saya tekankan untuk osteoporosis bukan merupakan penyakit genetik, namun jika memiliki riwayat keluarga yang mempunyai penyakit tersebut maka potensi terkena osteoporosis lebih besar atau faktor risikonya lebih besar,'' imbuhnya.
Seseorang yang mengalami osteoporosis harus segera ditangani dengan berbagai jenis terapi. Penyakit tersebut tidak bisa disembuhkan, tapi kondisi kekuatan tulangnya dipertahankan agar lebih baik lagi, sehingga tidak mudah patah.
''Gaya hidup tidak sehat sekarang ini seperti merokok, minum-minuman beralkhohol, konsumsi makanan cepat saji, dan jarang berolahraga bisa meningkatkan faktor risiko osteoporosis. Seseorang yang sering mengonsumsi obat-obatan seperti steroid atau obat-obat yang menekan sistem imun lebih besar kemungkinan terserang pengeroposan tulang. Sangat disarankan juga untuk melakukan pemeriksaan kepadatan tulang dengan alat yang dinamakan <I>Bone Mineral Densitometry<P> (BMD).''
Dia menerangkan, untuk pencegahan penyakit tulang tersebut bisa dilakukan dengan cara rutin berolahraga dan memberikan asupan nutrisi yang cukup terutama vitamin D dan kalsium.
''Olahraga yang baik tentu saja harus dilakukan secara rutin sejak dini dan nutrisinya agar perkembangan tulang lebih maksimal pada puuncak pertumbuhannya. Contohnya jalan, joging, lari, bersepeda, renang, dan angkat beban merupakan alternatif olahraga yang baik untuk menguatkan tulang,'' tandasnya.

Tissue HERBAL Khusus Untuk Organ Intim Wanita
Mengetatkan, Atasi Keputihan & Cegah Kanker Serviks
Lebih Kesat & Lebih Sensitif
Produk PREMIUM & TERLARIS Dari Boyke & Co


INTIMATE TISSUE (TISSUE DOUBLE MAJAKANI) with ChamomileSolusi KHUSUS kesehatan WANITA untuk mengatasi keputihan, cegah kanker serviks, membuat organ kewanitaan lebih kesat, wangi alami, cegah nyeri haid & lebih sensitif (100% alami berasal dari extract buah majakani & chamomile, tidak mengandung alkohol), persembahan sangat istimewa dari BOYKE & Co.
Share on Google Plus

About klikdoni

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar