Peluang Usaha Sampingan Untuk Karyawan/PNS

KLIKDONI.com - Menjadi karyawan apalagi bekerja di perusahaan besar memang menjadi cita-cita banyak orang, terutama untuk yang fresh graduate. Karena dengan bekerja diperusahaan yang besar maka hidup kita lebih terjamin apalagi bekerja di sektor pemerintahan menjadi PNS maka semakin terjamin hidup kita dengan berbagai asuransi / jaminan hidup yang diberikan.

Menjadi karyawan apalagi dengan pangkat dan jabatan yang tinggi memang menyenangkan, bagaimana tidak? Gaji pokok besar, belum lagi bonus dan tunjangan-tunjangannya dan itu memang membuat siapapun betah di zona nyaman tersebut. Ada juga seperti jaminan kesehatan, jaminan hari tua, dll yang sangat menggoda siapapun untuk menjadi karyawan di perusahaan besar/ PNS.


Tetapi, menjadi karyawan kebanyakan tidak semudah itu. Bayangan dipecat oleh atasan selalu menghantui jika target pekerjaan tidak tercapai, lebih-lebih jika kita bekerja sebagai dengan tipe outsourcingalias kerja kontrak maka jaminan-jaminan seperti jaminan kesehatan, dll kita tidak mendapatkannya.
Belum lagi jika jumlah gaji yang tidak sesuai dengan beban pekerjaan yang diemban, jumlah gaji yang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, dan masih banyak persoalan yang lain membuat tidak sedikit karyawan yang mencoba untuk membuka usaha sendiri.
Membuka usaha sendiri ditengah kesibukan menjadi seorang karyawan memang tak mudah, kita harus pintar-pintar untk membagi waktu untuk bekerja di kantor dengan membuka usaha. Karena membuka usaha itu tidak mudah bisa dikatakan cuku sulit, maka dari itu perlu meluangkan waktu yang tak sedikit guna usaha yang kita tekuni itu bisa berhasil. Dalam membuka usaha ada banyak pertimbangan-pertimbangan yang harus diperhatikan, misalnya :
  1. Dana Usaha (Modal)
  2. Ketersediaan Sumber Daya
  3. Tempat Usaha
  4. Jenis Produk
  5. Pemasaran
Nah, jika itu semua kita pikirkan sendirian maka sangatlah sulit untuk bisa berhasil. Karena itulah kita butuh yang namanya pendamping atau bahasa kerennya adalah co-founder. Dimana ada satu orang yang benar-benar bisa fokus untuk mengelola usaha kita itu.
Untuk mencari orang tersebut memang susah-susah gampang, cara paling mudah adalah mengajak keluarga kita. Bisa mengajak suami/istri untuk membantu pengelolaannya.
Lalu peluang bisnis apa yang bisa dilakukan oleh karyawan? Sebenarnya ada banyak sekali jenis peluang usaha yang dapat kita tekuni.
Semua tergantung dengan keinginan kita untuk menekuni bisnis yang mana. Saran saya, tekuni satu bisnis saja tidak usah menekuni banyak bisnis sekaligus. Karena, waktu Anda sangat terbatas lebih-lebih masih berstatus sebagai karyawan. Berikut ini adalah beberapa peluang bisnis/usaha untuk karyawan :
  1. Jualan pulsa / token listrik
  2. Jualan makanan / kuliner
  3. Bisnis Online
Tentu masih ada banyak bisnis-bisnis sampingan lain yang bisa Anda eksplore, disini saya hanya Akan memberikan sedikit inspirasi saja kepada Anda. Sisanya? Tergantung Anda bagaimana mensikapinya.

1. Peluang Jualan Pulsa dan Token Listrik

Ini juga tidak kalah umumnya, ditengah penetrasi pengguna smartphone yang kian melesat peluang bisnis untk jualan pulsa ini serasa tidak ada habisnya. Karena rata-rata pengguna smartphone kian meningkat. Belum lagi kebutuhan akan pulsa memang sangat banyak.
Pulsa untuk telepon, pulsa SMS, belum lagi pulsa untuk paket data. Nah, sudah kebayang bukan peluang bisnisnya? Ada banyak celah yang dapat kita manfaatkan disini. Memang untung dari penjualan pulsa tidak terlalu banyak. Tetapi, ingat meskipun kecil tapi jangan lupakan faktor kalinya. Jika untung penjualan pulsa Rp 500-1.000 tiap transaksi dan sehari ada 100 transaksi kan sudah lumayan sehari dapat Rp 50.000 kan?
Kita tinggal menunggu pembeli di konter saja, dan sambil melakukan kegiatan lain. Misalkan sambil menonton film ataupun membaca buku. Jadi, tidak banyak waktu yang terbuang bukan? Nah, selain jualan pulsa kita juga bisa jualan token listrik. Dimana sekarang memang sudah banyak pengguna listrik prabayar dengan pulsa. Ini bisa kita manfaatkan.
Selain itu pula, kita bisa mengisi dagangan konter dengan berbagai macam barang dagangan misalkan dengan jualan aksesoris HP seperti earphone, headphone, casing, dll. Bisa jualan handphone, jualan perangkat elektronik lainnya seperti USB, sambungan USB, dll. Pokoknya apapun yang berhubungan dengan handphone kita bisa jual.
Bukankah itu peluang yang bagus? Misalkan, Anda kerja sampai jam 4, maka dari pagi sampai jam 4 Anda bisa menggaji karyawan. Dan setelah jam 4 bisa Anda gantikan posisinya sambil menikmati hidup dengan segelas kopi.

2. Peluang Membuka Usaha Kuliner

Berikutnya adalah berhubungan dengan dunia kuliner. Ya, urusan perut ini memang adalah peluang bisnis yang tiada matinya dari jaman dulu sampai ke masa depan. Mengapa demikian? Ya karena kuliner ini adalah kebutuhan primer manusia, sehingga sampai kapanpun usaha ini pasti akan tetap dibutuhkan di masyarakat.
Nah, jika Anda memiliki hobi memasak maka Anda bisa memulai untuk bisnis kuliner ini. Mulai dari yang paling simple adalah jualan nasi bungkus ataupun gorengan. Jangan malu atau minder jika hanya jualan gorengan saja, yang penting pendapatannya besar.
Misal nih ya, setiap gorengan yang kita jual itu untung Rp 200- Rp 300 perak saja, dan setiap orang itu kita asumsikan membeli 10 gorengan dengan maka kita sudah untung Rp 2.000 – Rp 3.000 / orang. Nah, jika sehari ada 100 orang yang beli? Lha kan sehari sudah untung RP 200.000 – Rp 300.000 kan? Kalau sebulan? Ya bisa sampai Rp 6.000.0000 – Rp 9.000.000 itu sudah setara dengan gaji supervisor/manager perusahaan.
Itu baru  jualan gorengan ya, masih banyak sekali dagangan yang dapat kita jual misalkan kita bisa buka usaha roti. Dengan konsep made by order artinya kita membuat jika ada yang mesan saja, jadi kita tak perlu takut jika tak ada modal. Karena biasanya orang harus membayar DP 50% dulu, nah itu bisa dijadikan modal bukan?
Selain itu kita juga bisa membuka warung makan atau warteg di pinggir jalan. Ini memang cukup melelahkan sih, makannya butuh karyawan untuk mengelolanya. Jika tidak kita bisa jualan bubur/nasi kuning / nasi uduk di pagi hari. Targetnya? Ya orang-orang yang nyari sarapan. Kita bisa jualan dari jam 5 pagi hingga jam 8 pagi. Nah, kita bisa tuh jualan sama suami/istri. Kalau udah mendekati jam kantor, maka suami/istri yang meneruskannya.
Jika ada modal yang lebih, bisa juga langsung membuka usaha kuliner yang besar misalkan membuka kafe, katering, bakery, dll. Tapi, untuk membuka usaha sebesar itu tentunya ada banyak perhitungan yang harus dilakukan. Mulai dari modalnya, sumber dayanya, dll. Semoga cukup memberikan ide ya untuk bisnis kuliner ini.

3. Peluang Bisnis Online

Nah, terakhir adalah kita menggeluti bisnis online. Bisnis Online sekarang memang sedang marak-maraknya. Dengan penetrasi internet yang luar biasa, maka peluang untuk sukses di bisnis online menjadi semakin terbuka lebar. Ada banyak sekali model bisnis online yang dapat Anda geluti
Profit dari bisnis online itu sendiri juga tak kalah menjanjikan, tidak sedikit para IMers yang mendapatkan gaji jutaan rupiah, ada juga yang sampai puluhan bahkan milyaran rupiah tiap bulannya dari bisnis online. Karena itulah peluang menjadi bisnis online sangat terbuka lebar. Anda bisa belajar bisnis online di tempat yang gratis ataupun berbayar.
Share on Google Plus

About Donny Nur

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar