Tips Sukses Kerja Sambil Bisnis

KLIKDONI.com Memiliki bisnis sendiri memang memerlukan keseriusan dan totalitas. Karenanya banyak pengusaha menyarankan untuk tidak melakukan kegiatan lain seperti bekerja di instansi/perusahaan jika memang serius ingin berbisnis. Berbisnis sambil terus bekerja dilihat sebagai suatu bentuk kemustahilan yang tidak perlu diusahakan.
Tentunya anggapan itu bisa saja benar. Akan tetapi bila di antara kamu ingin tetap mencoba menjalankan keduanya, tentu tidak akan ada salahnya kan? Hal yang paling kamu butuhkan saat memutuskan untuk berbisnis saat bekerja adalah manajemen waktu yang baik. Nah bagi kamu memiliki keinginan untuk membuka usaha dan bekerja disaat bersamaan, berikut ini Veryfund akan sajikan beberapa tips yang layak kamu coba:

Pilihlah pekerjaan freelance/part time

Mengisi hari dengan kegiatan di kantor seharian tentu akan menghabiskan waktu dan tenaga. Karenanya jenis pekerjaan fulltime seperti ini memang tidak disarankan jika kamu memiliki rencana untuk memulai suatu bisnis. Kamu tidak akan bisa menyelesaikan pekerjaan utama dan bisnis secara baik. Kebanyakan orang yang memaksakan hal ini malah kehilangan keduanya karena tak bisa menjalankan satu pun dengan sempurna.
Sebagai solusinya cobalah cari pekerjaan yang sifatnya freelance atau part time. Biasanya jenis pekerjaan seperti ini tidak akan terlalu mengingat pekerjanya. Kamu tetap bisa mendapat uang sambil mendapat ilmu secara bersamaan. Di sisi lainnya, uang yang didapatkan bisa kamu manfaatkan sebagai tambahan modal guna membiayai bisnis impianmu tersebut.

Manfaatkan waktu di weekendsecara maksimal

Jika di hari biasa kamu tidak bisa mengurusi bisnis secara maksimal, maka manfaatkanlah waktu di weekend untuk membenahi itu semua. Misalnya saja kamu adalah pengusaha kuliner yang membuka restoran, kamu bisa mengunjungi restoran tersebut pada akhir pekan. Di kunjungan tersebut periksalah semua hal yang butuh kamu ketahui. Mulai dari cash flow keuangan, keluhan pelanggan, atau mungkin progress masing-masing karyawan.
Selain itu waktu weekend ini juga dapat kamu gunakan untuk rapat dengan investor atau mungkin orang manajemen kantormu. Melakoni kegiatan seperti itu tentu akan membuatmu merasa lebih lelah karena saat karyawan lain beristirahat kamu malah harus tetap bekerja mengurus bisnis. Akan tetapi bukankah bila usaha ini sudah berkembang, kamu juga yang akan menikmati hasilnya?

Tunjuk orang kepercayaan untuk mengurus bisnis saat kamu sedang sibuk

Apabila kamu mengurusi bisnis sendiri secara penuh waktu mungkin meng-hire orang lain adalah hal yang tak perlu. Apalagi bila jenis usaha yang kamu pilih adalah toko online skala kecil yang belum terlalu membutuhkan pertolongan banyak orang. Akan tetapi bila kenyataannya kamu adalah pebisnis yang juga adalah seorang pekerja, tentu ceritanya akan berbeda.
Demi stabilitas menyelesaikan bisnis dan pekerjaan dengan baik, kamu perlu menunjuk seseorang untuk membantumu melakoni usaha tersebut. Misalnya saja kamu memutuskan untuk berdagang baju secara online, mintalah seseorang untuk jadi pekerjamu yang job desc-nya adalah mengirim dan mengepak barang. Dengan hal ini, kamu jelas akan terbantu mengurusi bisnis meskipun disaat bersamaan tetap bekerja kepada orang lain.

Hindari memulai bisnis dengan modal besar

Pada umumnya mereka yang bekerja sambil berbisnis adalah orang yang bisa jadi baru terjun ke dunia bisnis. Orang-orang seperti ini memutuskan untuk tetap bekerja selain karena alasan mendapat modal juga karena inigin tetap menimba ilmu dari tempatnya bekerja. Karena itu menurut Veryfund demi menjaga stabilitas keuangan jangan dulu bermain dengan bisnis besar, sebaliknya mulailah dulu dari bisnis yang kecil.
Kamu dapat memilih misalnya bisnis pakaian, makanan, atau kosmetik dalam skala kecil yang resikonya tak terlalu besar. Pahami dulu seperti apa sih “serunya” berdagang sambil bekerja. Setelah kamu tahu seluk beluknya di dalamnya barulah kamu dapat bisa memutuskan, apakah kamu akan tetap bekerja sambil berjualan atau mungkin meninggalkan kantor untuk serius berbisnis.

Saat sedang bekerja fokuslah untuk segera menyelesaikannya. Sebaliknya saat berbisnis, kesampingkan dulu urusan pekerjaan

Tidak sedikit orang yang gagal bekerja sambil berbisnis adalah karena di tidak mampu focus menyelesaikan keduanya. Saat sedang bekerja ia mencuri-curi waktu mengurusi bisnisnya. Nah pada waktu ia harusnya mengurus bisnis, ia justru terus memikirkan pekerjannya. Akhirnya tidak satu pun bisa selesai dengan maksimal. Karena itu untuk menghindari hal tersebut berusahalah untuk bersikap displin.
Jika kamu memang sedang waktunya bekerja, selesaikanlah pekerjaan tersebut sampai tuntas hingga tak ada lagi beban pekerjaan di pikiran. Bila kamu sudah masuk diwaktu mengurus bisnis, misalnya malam hari saat membaca laporan dari karyawan berkonsentrasilah dan lupakan soal pekerjaan. Ingat kemampuanmu memanajemen pikiran sangat dibutuhkan saat sedang menjalani dua peran seperti ini.

Pikirkan ulang, efektifkah pilihanmu bekerja sambil berbisnis?

Memutuskan untuk bekerja sambil berbisnis bukanlah pilihan mudah yang digampang dilakukan, Tidak hanya membutuhkan modal uang, modal tenaga dan pikiran juga harus kamu pikirkan. Jangan sampai karena sifat “rakus”, kamu malah tidak bisa mendapatkan keuntungan dari keduanya.
Saran Veryfund ada baiknya kamu coba dulu dan ukur kemampuan. Jika nantinya di tengah jalan kamu merasa tidak sanggup sebaiknya segeralah lepas salah satunya. Lebih baik kamu fokus di salah satunya terlebih dahulu hingga berhasil barulah memulai hal baru lainnya.
Bisa bekerja sambil berbisnis di mana keduanya dapat berjalan secara seimbang tentu menyenangkan. Akan tetapi yang perlu kamu ketahui menjalani keduanya dengan sama baiknya tentu bukanlah hal mudah. Namun apabila kamu tetap ingin menjalani keduanya, jangan lupa terapkan berbagai langkah di atas ya.
Share on Google Plus

About Donny Nur

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar