Tak Ada Salahnya Kerja Kantoran Sambil Merintis Bisnis Sampingan

KLIKDONI.com Memiliki status sebagai karyawan dan mendapat gaji bulanan adalah salah satu yang membuat kamu terjebak dalam zona nyaman. Padahal, bisa jadi pekerjaan yang sedang dijalani belum memberikan kesempatan bagi kamu untuk memaksimalkan kemampuan diri.

sayang sekali rasanya jika kamu menjadi satu dari sekian banyak orang yang tidak sadar akan kondisi ini. Merasa sudah tercukupi lantaran mendapat gaji tetap di atas antara 4 juta sampai 6 jutaan setiap bulannya lantas enggan untuk menjajal kemungkinan-kemungkinan lainnya. Kamu rela terjebak dalam rutinas khas para pekerja; berangkat pagi, pulang malam, dan kehidupan yang sama terus berulang.

Padahal sebagai anak muda, kamu jelas punya banyak kesempatan yang lebar-lebar terbuka. Berbagai pilihan bisnis sampingan dapat dijalankan selagi kamu masih berstatus sebagai karyawan. Tujuannya bukan sekadar menambah penghasilan, tapi lebih pada memaksimalkan kemampuan dan menghidupi apa yang mungkin menjadipassion-mu.

1. Menjadi freelance writer atau desainer online

Teknologi sudah sedemikian pesat berkembang. Zaman yang serba online juga memudahkanmu untuk mencari pekerjaan atau bisnis sampingan. Tanpa harus pergi kemana-mana, kamu hanya perlu memanfaatkan laptopmu. Pekerjaan sampingan bisa dijalankan dari rumah atau bahkan tempat kerjamu saat ini.

Menjadi freelance writer atau desainer online adalah dua pekerjaan yang bisa dijadikan pilihan. Kamu cukup searching di Google atau masuk ke forum-forum tertentu untuk menjaring relasi dengan klien. Jumah pendapatan yang bisa kamu peroleh pun beragam. Angka 2 hingga 4 juta bisa kamu peroleh setiap bulannya dengan bekerja sampingan sebagai freelance writer. Sementara, sebagai desainer online, kamu mungkin bisa meraup uang yang lebih besar tergantung kemampuan mendesain dan daya kreativitasmu.

2. Merintis bisnis online shop

Merintis bisnis online juga jadi salah satu alternatif yang bisa kamu pilih. Berbeda dengan berdagang secara langsung, berjualan dengan cara merintis online shoppastilah lebih praktis dan efisien. Kamu tidak membutuhkan tempat untuk berdagang, dan bahkan mungkin tidak membutuhkan modal sama sekali.

salah satu caranya adalah dengan menjadi reseller atau dropshipper. Dengan begitu kamu hanya perlu meluangkan waktu dan tenaga tanpa perlu mengeluarkan uang sebagai modalnya. Asalkan gencar beriklan dan melakukan promosi dengan update dagangan terbaru, mendapat banyak customer bukanlah hal yang mustahil. Di luar sana sudah banyak orang-orang yang berhasil menjalankan bisnis online, bahkan dengan pendapatan belasan juta rupiah setiap bulannya.

3. Bisnis kuliner sehat di kantor

Bisnis sampingan adalah perkara bagaimana kamu bisa memanfaatkan peluang. Sebagai pekerja kantoran, bisnis kuliner sehat menjadi salah satu pilihannya. Pasalnya, rata-rata pekerja kantoran seringkali mengabaikan gaya hidup sehat. Padatnya rutinitas pekerjaan membuat mereka lalai pada asupan nutrisi dalam tubuh hingga kebutuhan berolahraga. Itulah mengapa katering sehat bisa menjadi peluang bisnismu.

Jangan ragu untuk mulai merintis bisnis kuliner sehat dari mulai yang paling sederhana. Misalnya, kamu bisa membuat jus buah atau camilan sehat untuk dijajakan di kantor. Camilan sehat yang dibuat juga sebaiknya yang sifatnya praktis, seperti salad buah atau salad sayur. Namun, sebaiknya pastikan dulu bahwa berjualan di kantor tidak jadi larangan di kantormu. Dari sekian jenis bisnis, bisnis kuliner adalah salah satu yang terkenal menghasilkan banyak keuntungan. Bukan tidak mungkin, ratusan ribu rupiah akan masuk ke kantungmu setiap bulannya.

4. Membangun blog pribadi

Bagi kamu yang gemar menulis, membangun blog pribadi juga bisa dijadikan pilihan. Meskipun harus memulai dari poses paling awal, usaha yang satu ini sanga layak untuk ditekuni. Kamu hanya perlu fokus pada satu bidang atau teman yangg paling disukai. Misalnya untuk kamu yang gemar memasak, tak ada salahnya memberikan ulasan tentang resep-resep masakan hingga tips dan trik dalam memasak.

Blog yang punya tampilan dan konten yang bagus pastilah akan banyak dikunjungi pembaca. Nah ketika visitor blog-mu sudah banyak, tawarkan pada produk-produk yang kaitannya dengan kuliner agar mereka mau beriklan di blogmu. Dengan begitu, kamu akan mendapat pemasukan rutin setiap bulannya. Meski awalnya mungkin kecil, bisnis yang kamu tekuni ini lama-kelamaan dapat menghasilkan pendapatan yang tinggi.

5. Menjadi penerjemah online

Selain menjadi penulis, pekerjaan sebagai penerjemah sebenarnya juga bisa kamu lakoni secara online. Tentu saja, bisnis yang satu ini dikhususkan bagi kamu yang punya keahlian di bidang bahasa asing. Bahasa Inggris, Perancis, Mandarin, Jepang hingga Arab adalah beberapa yang paling sering dibutuhkan. Sekali lagi, relasi klien ini juga bisa kamu cari di internet.

Profesi sebagai penerjemah dapat kamu lakoni di luar jam kantor. Misalnya saat pagi sebelum berangkat ke kantor dan malam hari sepulang dari kantor, kamu bisa menyelesaikan pekerjaanmu ini. Pekerjaan sebagai penerjemah bahasa dapat menjanjikan penghasilan tambahan yang lumayan. Pasalnya untuk sekali menerjemahkan, puluhan hingga ratusn ribu rupiah bisa masuk ke rekeningmu.

Menjalani bisnis sampingan meski masih berstatus sebagai karyawan tentu akan sangat menguntungkan. Bayangkan, jika setiap bulannya kamu mendapat gaji pokok sebesar 4 juta rupiah ditambah pendapatan sampingan sebesar 2 juta misalnya, tentu pundi-pundi tabunganmu akan terus bertambah.

Jika gaji pokok dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan bulanan, penghasilan sampingan dapat difokuskan untuk mengembangkan bisnis. Selain itu, bisa juga digunakan untuk dana tabungan masa depan atau boleh juga dimasukkan dalam anggaran dana senang-senang. Dengan begitu kebutuhanmu untuk liburan atau shopping tidak akan mengganggu dana untuk kebutuhan pokokmu.



Share on Google Plus

About Donny Nur

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar