BI Dorong Indonesia Menjadi Pusat Industri Halal Dunia


KLIKDONI
 Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Jawa Tengah menggelar acara puncak Festival Jawa Tengah Syariah (FAJAR), di hotel Gumaya, Rabu (2/8/2023). Kegiatan tersebut sekaligus menutup rangkaian kegiatan capacity building, business matching, kompetisi, dan showcase produk usaha syariah yang telah berlangsung sejak Juni 2023.

Deputi Gubernur BI, Juda Agung menjelaskan, Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar dunia harus bisa memperluas industri halalnya, dibandingkan negara lain. Untuk itu pemerintah berkomitmen terus mengembangkan wisata halal, salah satunya dengan mencanangkan target 10 juta UMKM bersertifikat halal di tahun 2024.

“Saat ini jumlah wisata muslim di Indonesia masih ketinggalan dibandingkan dengan negara tetangga Malaysia dan Singapura. Untuk itu BI terus mendorong dan mengembangkan wisata Muslim di Indonesia,” ujarnya.

Sementara Kepala KPwBI Jateng, Rahmat Dwisaputra menegaskan, bahwa pengembangan ekonomi syariah khususnya di Jawa Tengah sangat potensial, karna memiliki pangsa pasar 14%. Selain itu, pangsa aset perbankan syariah di Jawa Tengah pada 2023 juga meningkat dibanding tahun sebelumnya yakni sekitar 10,65%.

“Kredit syariah di Jawa Tengah juga meningkat sebesar 13,60% (yoy) pada triwulan II 2023,” ucap Rahmat.

Komitmen pengembangan ekonomi syariah melalui perluasan industri halal tersebut diwujudkan melalui peluncuran beberapa program. Diantaranya melalui pengembangan Aplikasi Jasirah (Jejak Wisata Sejarah) dan Modest Fesyen Muslim.

Melengkapi berbagai program tersebut, KPwBI Jateng pada kesempatan ini juga menyerahkan program dedikasi untuk negeri kepada 3 pondok pesantren dan kelompok sadar wisata di Jateng.

“Penyelenggaraan FAJAR 2023 diharapkan mampu mendorong percepatan peluasan ekosistem halal khususnya sektor pariwisata ramah muslim dan modest fesyen. Dengan tujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah yang inklusif khususnya dan mendukung Indonesia sebagai pusat halal dunia pada umumnya,” pungkas Rahmat. (donny).

 

Share on Google Plus

About klikdoni

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar