KLIKDONI - Percaya diri adalah sikap menerima dan memercayai diri sendiri, serta memiliki rasa kendali dalam hidup Anda. 

Artinya, Anda mengetahui kekuatan dan kelemahan diri dengan baik, dan memiliki pandangan positif tentang diri sendiri. 

Anda menetapkan harapan dan tujuan yang realistis, berkomunikasi dengan tegas, dan dapat menangani kritik. Ketika rasa percaya diri rendah, akan membuat Anda merasa ragu-ragu, pasif, atau sulit untuk memercayai orang lain. 

Namun, rasa percaya diri yang tinggi atau rendah jarang berhubungan dengan kemampuan Anda yang sebenarnya, dan sebagian besar didasarkan pada persepsi Anda.

Mengapa rasa percaya diri penting? Kepercayaan diri memiliki manfaat yang baik bagi sebagian besar elemen yang terlibat dalam kehidupan manusia. 

Dilansir dari laman Psychology Today, rasa percaya diri dapat mengurangi rasa takut dan cemas berlebihan, serta menghapus pikiran-pikiran pesimis. 

Saat kepercayaan diri tumbuh, Anda akan menemukan diri lebih terdorong untuk mengembangkan kemampuan dengan lebih yakin. 

Keyakinan tersebut kemudian memberi Anda keterampilan dan cara untuk mengatasi atau menangani kemunduran dan kegagalan.

Percaya diri bukan berarti Anda tidak akan pernah gagal. Tetapi Anda akan tahu bahwa Anda dapat menangani tantangan dan tidak akan dilumpuhkan olehnya. 

Rasa percaya diri juga bisa menumbuhkan empati yang lebih dalam. Saat Anda tidak disibukkan dengan keraguan terhadap diri sendiri, Anda bisa menjangkau dan membantu orang lain.

Cara meningkatkan rasa percaya diri :

1. Jangan bandingkan diri dengan orang lain 

Sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam Personality and Individual Differences menemukan hubungan langsung antara rasa iri dan perasaan tentang diri sendiri. 

Saat membandingkan diri mereka dengan orang lain, Anda berpotensi merasa iri. Dan semakin merasa iri, semakin buruk perasaan Anda tentang diri sendiri.

Jika Anda merasa iri dengan kehidupan orang lain, itu akan membuat Anda minder dan secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap rasa percaya diri.

2. Bergaul dengan orang-orang positif 

Orang-orang yang menghabiskan waktu bersama Anda dapat memengaruhi pikiran dan sikap Anda tentang diri sendiri. 

Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang mencintai Anda dan memiliki pandangan positif, sehingga dapat membantu membangun kepercayaan diri Anda. 

Jika Anda merasa tidak nyaman dengan diri sendiri setelah bergaul dengan orang tertentu, mungkin ada baiknya Anda menjauh. 

3. Bersikap baik kepada diri sendiri 

Biasakan untuk memperlakukan diri sendiri dengan kebaikan ketika Anda melakukan kesalahan, gagal, atau mengalami hal tidak menyenangkan. 

Ini memungkinkan Anda menjadi lebih fleksibel secara emosional dan membantu menavigasi emosi yang menantang dengan lebih baik. 

Sebuah studi tahun 2015 menemukan hubungan antara bersikap baik dengan kepercayaan diri. Sikap tersebut juga meningkatkan hubungan baik dengan orang lain.

4. Berlatih self-talk positif 

Self-talk yang negatif dapat membatasi kemampuan Anda dan mengurangi rasa kepercayaan diri.

Sebaliknya, self-talk optimis, dapat menumbuhkan belas kasih diri dan membantu Anda mengatasi keraguan diri dan menghadapi tantangan baru. 

5. Hadapi ketakutan 

Jangan menunda sampai Anda merasa lebih percaya diri untuk melakukan sesuatu. 

Jika Anda takut mempermalukan diri sendiri atau berpikir akan mengacau, terus maju. 

Salah satu cara terbaik untuk membangun kepercayaan diri Anda dalam situasi tersebut adalah dengan menghadapi ketakutan Anda secara langsung. 

Berlatih menghadapi beberapa ketakutan Anda yang berasal dari kurangnya kepercayaan diri justru akan meningkatkan rasa percaya diri.

Dilansir dari Kompas.com


Share on Google Plus

About klikdoni

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar