Kuatkan Kerjasama Internasional, Unissula Teken MoU dengan Daarul Hadist Tarim Yaman


KLIKDONI
- Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang melakukan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dengan Daarul Hadist Tarim Yaman. Penandatangan MoU dilakukan oleh Rektor Unissula Prof Dr Gunarto SH MH dengan Prof Dr Al Habib Alwy bin Hamid bin Syihab dari Yaman, di kampus Unissula, Jalan Kaligawe, Rabu (2/8/2023).

“Kerjasama di bidang pendidikan ini terkait dengan pembelajaran khusus dengan pelurusan hadist-hadist dari baginda Rasulullah SAW, yang jumlahnya ada 60 hadist,” ujar Prof Dr Al Habib Alwy.

Semantara, Rektor Unissula Prof Dr Gunarto mengatakan, penandatanganan MoU tersebut semakin menguatkan kerjasama internasional, untuk mengejar Unissula menjadi Internasional Islamic University, di tahun 2027. Adapun mekanismenya yaitu dengan  mengirim mahasiswa dan dosen Unissula ke Daarul Hadist Tarim Yaman untuk mempelajari hadist.

‘’Jadi, mahasiswa dan dosen Unissula akan dilatih Bahasa Arab terlebih dahulu di sini selama enam bulan. baru setelah lolos, akan dikirim untuk belajar hadist, selama dua tahun di Yaman,” ucapnya.

Menurutnya, dari kerjasama ini diharapkan akan lahir ahli tafsir Alquran, hadist dan ahli bahasa Arab dari Unissula.

Selain itu, pertukaran mahasiswa dan dosen juga dilakukan sebaliknya dari Daarul Hadist Tarim Yaman ke unissula.

Seusai Penandatanganan MoU dilanjutkan dengan seminar bertajuk ‘Nilai-nilai peradaban dalam hadist Rasulullah SAW’, dengan narasumber Prof Dr Al Habib Alwy .

Adapun inti dari seminar ini, adalah bagaimana mengintegrasikan sains dan agama untuk kemaslahatan umat.

Hadir juga dalam kesempatan ini, Wakil Rektor II Dedi Rusdi, Wakil Rektor III Muhammad Qomaruddin dan Ketua Bidang Pendidikan Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA) Tjuk Subhan Sulkhan. (donny).

Share on Google Plus

About klikdoni

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar