Forum PUSAKA Jateng Diharapkan Mampu Mendorong Perekonomian Berkelanjutan


KLIKDONI - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI)  Provinsi Jawa Tengah menggelar acara Puncak Forum Perumusan Analisis dan Rekomendasi Kebijakan (PUSAKA) Jateng yang berlangsung di Mesastela Resort dan Hotel, Grabag, Kabupaten Magelang, Rabu (9/08/2023). 

Forum PUSAKA Jateng merupakan forum akademis dan profesional yang membahas perekonomian Jateng dalam bentuk seminar dan presentasi hasil penelitian tentang berbagai isu strategis di Jateng. 

Acara Puncak Forum PUSAKA Jateng tersebut diawali dengan welcoming remarks dari Kepala KPwBI Jateng, Rahmat Dwisaputra. Kemudian  dilanjutkan dengan keynote speech dari Deputi Gubernur Bank Indonesia, Doni Primanto Joewono. 

Dalam sambutannya, Kepala KPwBI Jateng,  Rahmat Dwisaputra mengatakan, Forum Pusaka Jateng merupakan upaya mendorong perekonomian berkelanjutan di Jawa Tengah. 

“Tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ke 2 setelah tahun lalu dalam acara yang sama berhasil menjaring ide dan rekomendasi kebijakan aplikatif untuk menjawab isu strategis perekonomian Jawa Tengah dari Peserta. Tahun ini kami mengangkattema Optimisme di Tengah Tantangan Risiko Global dan Peluang Circular Economy,” ujarnya.  

Sementara Deputi Bank Indonesia, Doni Primanto Joewono mengapresiasi kegiatan Forum Pusaka Jateng yang yang diinisasi KPwBI Jateng tersebut. 

“Kami berharap  dengan adanya Foruum PUSAKA masyarakat dapat gambaran, tentang perkembangan, tantangan dan strategis untuk menciptakan ekonomi sekuler dan mendorong pembangunan ekonomi yang insklusif dan berkelanjutan,” ungkapnya. 

Rangkaian acara PUSAKA Jateng dilanjutkan dengan seminar dan talkshow ekonomi serta pengumuman pemenang call for paper PUSAKA Jateng. 

Kemudian juga dilakukan penandatanganan kesepakatan kerja sama antara Bank Indonesia dengan ISEI Jateng untuk mendorong ketahanan pangan Jawa Tengah melalui pilot project pendampingan Badan Usaha Milik Petani (BUMP).

Para pemenang call for paper PUSAKA Jateng 2023 untuk kategori akademika, juara pertama diraih Bayu Dwi Apri Nugroho dengan judul “Optimalisasi Hasil Pertanian dengan Sistem Clustering di Karanganyar Jawa Tengah”. 

Sementara untuk kategori profesional, juara pertama diraih oleh Hayu Fadlun dan Nugraha Pukuh dengan judul “Ketahanan Pangan Rumah Tangga: Pertahanan Awal Melawan Kerawanan Pangan di Jawa Tengah”. 

Rangkaian Forum PUSAKA Jateng 2023 dilaksanakan pada 8-9 Agustus 2023 di Kota Semarang dan Kabupaten Magelang, serta dihadiri oleh seluruh stakeholders Bank Indonesia. 

Antara lain Forkopimda, Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Jawa Tengah, pengurus ISEI Jawa Tengah, akademisi, asosiasi, pelaku usaha, dan perbankan. (don).

 

Share on Google Plus

About klikdoni

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar