Hari Pelanggan Nasional, Direktur PLN Kunjungi Pelanggan Langsung

Sebagai wujud apresiasi terhadap pelanggan, Manajemen PLN  Distribusi Jawa Tengah dan DIY tersebar untuk mengunjungi pelanggan di wilayah Jawa Tengah dan DIY, Senin (4/9/2017). Hal ini sekaligus menjadi momentum dalam memperingati Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada tanggal 4 September 2017. Adapun tema yang diusung PLN untuk hari peringatan ini adalah "Senyum Benderang Indonesia".
Tidak hanya Direktur PLN yang datang mengunjungi pelanggan, seluruh General Manager PLN, Manajer Area dan Manajer Rayon PLN dari Sabang hingga Merauke juga turut mengunjungi pelanggan. Pelanggan yang dikunjungi di antaranya adalah beberapa pelanggan industri, bisnis, pemerintahan, sosial dan rumah tangga. 
Tujuan Manajemen PLN mengunjungi pelanggan adalah untuk mendengarkan suara pelanggan, menampung harapan pelanggan terhadap layanan PLN serta mengapresiasi dan memperhatikan masukan dari pelanggan di seluruh Indonesia. 
"Dengan mendengarkan pelanggan, maka kita akan tahu apa yang mereka butuhkan dan kita akan terus meningkatkan pelayanan yang lebih baik sebagai bukti nyata PLN," ujar Direktur Utama PLN Sofyan Basir, melalui press releasenya yang diterima Redaksi KBRN Semarang, Senin (4/9).  
Menurutnya, PLN sebagai salah satu BUMN terbesar di Indonesia, saat ini memiliki jumlah pelanggan sebanyak 66 juta, dimana usahanya yang berorientasi pada pelayanan. 
"Sudah kewajiban PLN untuk menempatkan posisi pelanggan dalam kedudukan yang tertinggi. Karena bagi kami kepuasan pelanggan adalah yang utama. Senyum bahagia pelanggan adalah sukses kami," imbuhnya. 
Sementara itu di sela kunjungan ke Universitas Gajah Mada, General Manager PLN Distribusi Jawa Tengah dan DIY, Agung Nugraha mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan apresiasi untuk seluruh pelanggan PLN khususnya di Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta. Salah satu bentuk apresiasi yang diungkapkan Agung Nugraha yaitu PLN siap untuk berkontribusi membantu alumni dalam mengenal industri dunia kerja khususnya bidang energi.  
PLN siap untuk berkontribusi membantu alumni dalam mengenal industri dunia kerja khususnya bidang energi. Apalagi saat ini di PLN banyak alumni UGM sehingga kerjasama di masa yang akan datang dapat lebih ditingkatkan. Lebih lanjut, Agung berharap dukungan dan doa dari para pelanggan agar kedepannya PLN menjadi lebih baik lagi,” tutur Agung Nugraha. 
Wakil Dekan Penelitian, Pengabdian pada masyarakat dan Kerjasama Fakultas Teknik UGM, Dr Sugeng Sapto menyatakan apresiasinya terhadap layanan PLN yang sudah semakin baik.  
“Kami berharap PLN dapat memberi kepastian penyebab gangguan serta jaminan waktu delay untuk perawatan alat listrik atau pemeliharaan jaringan. Disamping itu daharapkan  juga adanya kerjasama dibidang akademisi, seperti pembimbingan topik skripsi atau thesis yang dapat digunakan oleh PLN sebagai referensi,” tuturnya. 
Lokasi kunjungan jajaran manajemen PLN Distribusi Jawa Tengah dan DIY ke pelanggan, selain di  Universitas Gadjah Mada (UGM), juga di PT Sritex (Group), Kantor Bupati Cilacap, PT Holcim, PT RUM (Rayon Utama Makmur), PT Djarum (Group), PT Primatex, PT. JAPVA COOMFEED, PT KONIMEX, PT Star, Kawasan Industri Wijaya Kusuma, Hotel Royal Ambarukmo, PT Primayudha (Group) dan ke PT APF. 
PLN terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Contact Center PLN 123 menjadi garda depan bagi PLN untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara langsung melalui sistem online selama 7x24 jam. Contact Center PLN 123 merupakan saluran resmi PLN yang dapat dihubungi masyarakat melalui Telepon: 123, HP: (kode area) 123, E-mail: pln123@pln.co.id, Facebook: PLN 123, Twitter: @PLN_123, dan Website: www.pln.co.id
Layanan contact center ini memiliki cakupan yang luas di seluruh Indonesia dengan mengoperasikan sembilan titik lokasi pelayanan untuk memastikan kemudahan akses dan keandalan pelayanan PLN kepada seluruh masyarakat Indonesia dimana pun berada. Adapun jenis pelayanan Contact Center PLN 123 adalah untuk keperluan permohonan Pasang Baru, Perubahan Daya, Penyambungan Sementara dan migrasi menjadi pelanggan Listrik Pintar; pengaduan dan keluhan pelanggan; serta informasi produk dan layanan PLN lainnya.  
Disamping itu, PLN juga memiliki aplikasi berbasis Android, yakni PLN MOBILE, yang dapat digunakan pelanggan PLN untuk melakukan transaksi, seperti cek tagihan dan riwayat token, permohonan pasang baru, Perubahan Daya, Penyambungan Sementara, cek status pengaduan dan permohonan informasi tarif listrik terkini, berita terkini mengenai PLN, info pemeliharaan listrik, dan telepon Contact Center PLN 123 gratis dengan Voice over Internet Protocol (VoIP). Aplikasi PLN MOBILE ini dapat diunduh pengguna smartphone Android melalui link https://goo.gl/6zXtBZ. (don).
Share on Google Plus

About Donny Nur

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar