Perlunya Reformasi Kebijakan Anggaran Dan Pembiayaan di Indonesia

Tantangan makro nasional adalah kebijakan reformasi anggaran dan pembiayaan pembangunan Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan saat menyampaikan Kuliah Umum di Fisip Undip, dengan tema Formulasi Kebijakan Publik Dalam Praktek: Peluang dan Tantangan, Kamis (14/9/2017). 
Wakil Ketua DPR  Bidang Ekonomi dan Keuangan ini menyampaikan, untuk melakukan kebijakan reformasi anggaran dan pembiayaan pembangunan Indonesia, langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah mendorong ruang kebijakan anggaran yang lebih luas sehingga pengelolaan keuangan negara baik yang di kelola langsung oleh pemerintah maupun melalui institusi non-pemerintah, dapat menjadi bagian dari kebijakan anggaran yang harus memenuhi prinsip efisiensi, efektifitas, transparansi dan akuntabilitas 
“Pendekatan pengelolaan oleh non-pemerintah pada keuangan negara harus dibuka ruang akuntabilitas publik, atau paling tidak uji atas prinsip “principal-agency theory” dalam pengelolaan kekayaan negara oleh non-privat tetap ada di wilayah public,” ungkap Taufik  
Untuk itu Taufik menyarankan agar  Konsep keuangan dengan sistem “pool”, atau kas negara/daerah dikumpulkan dalam satu kas besar, dengan tidak memberi spesifikasi sumber dan peruntukan pengeluaran memberi ruang in-efisiensi yang cukup besar. 
Penerapan akuntansi dana sebagaimana disarankan oleh PP No 71/2010 harus menjadi agenda dalam kebijakan angaran ke depan”Harap Politikus dari Jawa Tengah ini
Sementara itu Wakil Rektor I Undip Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Ir. Muhammad Zainuri. memberikan apresiasi yang sangat tinggi pada Wakil Ketua DPR RI Dr.Ir.Taufik Kurniawan,MM yang dapat memberikan kontribusinya dalam pengembangan ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang kebijakan public.
Dekan Fisip Undip Dr.Sunarto mengatakan merasa sangat senang atas kedatangan Wakil Ketua DPR RI Dr.Ir.Taufik Kurniawan,MM untuk memberikan kuliah umum di Fisip Undip ini karena akan sangat bermanfaat sekali untuk menambah dan memperdalam tingkat keilmuan para mahasiswa khususnya mengenai kebijakan administrasi Negara.
“Sebagai seorang politisi, praktisi sekaligus pelaku politik Pak Taufik sangat paham dan tau betul bagaimana proses kebijakan Administrasi Negara itu diambil dan dilaksanakan semoga para mahasiswa dapat mengambil sari pati ilmu yang diberikan oleh Pak Taufik,” Ucap sunarto. (don).
Share on Google Plus

About Donny Nur

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar