Batang Siapkan Sarana Prasarana Bangun Smart Village dan Smart City

Pemerintah Kabupaten Batang mendapat kunjungan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan beberapa  perusahaan telekomunikasi dari Jakarta, yang bertujuan untuk membantu kelancaran proses pembangunan jaringan telekomunikasi dalam membangun Smart Village dan Smart City di Kabupaten Batang, Kamis (27/7).
Agenda yang membahas persiapan menuju Era Smart Village dan Smart City itu dihadiri Bupati Batang Wihaji, Wakil Bupati Suyono, Kasubdit Tata Kelola Pita Lebar Kemenkominfo Dadang Irawanto, Kepala Diskominfo Jamal Abdul Naser, Kepala Dispermades Tulyono dan perwakilan dari perusahaan telekomunikasi dari Jakarta, bertempat di Meeting Room Bupati Batang, Setda Kabupaten Batang, Kamis malam (27/7).
Bupati Batang Wihaji mengatakan pertemuan dengan Kemenkominfo dalam rangka memperoleh informasi program – program yang dapat kita serap ke Kabupaten Batang. Selain itu ada pula beberapa perusahaan yang ingin menawarkan program teknologi jaringan  untuk menunjang Smart Village dan Smart City.
“Keberadaan teknologi mereka (perusahaan telekomunikasi) dari simulasi dan tampilan yang dicontohkan kita harapkan dapat  untuk membangun Pemerintah Kabupaten Batang khususnya Smart Village dan Smart City,” ujar Bupati.
Menurutnya, dari paparan tadi kita melihat dari masing-masing  desa mempunyai kekuatan data dan informasi sehingga dapat diakses oleh siapa pun. Tentu  basicnya adalah internet,  namun yang masih menjadi pekerjaan rumah kita adalah sarana pendukung  jaringan yang masih terbatas
“Aparatur pemerintah desa nantinya akan diberikan pelatihan  tentang teknologi internet,  karena merekalah yang  akan memasukkan data dan informasi. Yang terpenting ada kemauan untuk belajar, tetapi akan dipersiapkan terlebih dahulu adalah teknologinya,“ terang Bupati.
Dengan menggunakan teknologi, semua data dan  informasi dari desa dapat diakses masyarakat, mulai dari pariwisata, kuliner, budaya, pembangunan  desa, jumlah penduduk hingga dapat mengukur angka lama sekolah.
“Harapannya seluruh masyarakat Batang harus melek teknologi, jika tidak maka kita akan tertinggal dalam bidang teknologi dan ditinggalkan oleh kemajuan jaman,” pungkas Wihaji.
Sementara itu, Kasubdit Tata Kelola Pita Lebar Kemenkominfo Dadang Irawanto menambahkan bahwa Kemenkominfo sudah banyak sekali membantu mempermudah akses telekomunikasi di Indonesia dan Kabupaten Batang sudah siap untuk menuju era telekomunikasi yang  semakin maju. (don).
Share on Google Plus

About Donny Nur

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar