Nyeri Saat Bercinta? Bisa Jadi karena Endometriosis

Berhubungan intim biasanya bisa membuat tubuh terasa nyaman. Namun bagaimana jika Anda justru merasa nyeri? Hati-hati, bisa jadi itu karena endometriosis.

"Jika sudah mengalami perlengketan dan nodule di mana-mana itu bisa menyebabkan rasa sakit saat berhubungan. Artinya sudah ada perlengketan di rahim," kata dr Ichandy Arief Rachman SpOG kepada detikHealth.

Hal itu ia sampaikan saat ditemui di sela-sela acara KARMIG meeting 2017 di RSPAD Gatot Soebroto, Jalan Abdul Rahman Saleh no 24, Senen, Jakarta Pusat, Jumat (21/7/2017).

Selain saat berhubungan intim, dr Ichandy menyebutkan rasa nyeri juga dapat terjadi jika buang air besar. Ini karena perlengketan endometriosis sudah mencapai usus besar.

Untuk mengatasi rasa nyeri akibat perlengketan, dr Ichandy menyarankan untuk melakukan operasi atau laparoskopi. Tindakan ini mungkin diperlukan karena perlengketan endometriosis biasanya sudah menyebabkan kerusakan.

"Tapi perlu diperiksa lagi karena setiap orang berbeda kok. Sebenarnya kalau diketahui lebih awal sebenarnya masih bisa dengan konsumsi obat oral," pungkas dr Ichandy.

Oleh karena itu ia mengingatkan untuk selalu peduli terhadap keluhan-keluhan yang terjadi pada tubuh. "Kalau siklus dan massa haid berubah periksa langsung ya," ucapnya.

Sumber : detikHealth
Share on Google Plus

About Donny Nur

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar