Tingkatkan Kemampuan Pasukan, Kodim 0736/Batang gelar Pelatihan Inteljen

Dalam rangka memelihara dan  meningkatkan kemampuan prajurit satuan unit intelijen Kodim 0736/Batang dalam melaksanakan penyelidikan, pengamanan serta penggalangan agar mampu melaksanakan tugas-tugas sesuai fungsi dan perannya, dilaksanakan latihan teknis unit Inteldim Kodim 0736/Batang Tahun 2017, yang berlangsung di Aula Makodim Batang, Rabu (26/7).
Kasdim Mayor Inf Raji menjelaskan, program pembinaan latihan khususnya latihan unit intelijen Kodim 0736/Batang pada program kerja tahun 2017 ini diarahkan untuk meningkatkan kemampuan perorangan maupun satuan sesuai bidang kemampuannya.
“Hal ini guna mencapai standar kemampuan, sehingga dapat menunjang tugas pokok fungsi Kodim 0736/Batang yang dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut sesuai dengan siklus latihan dalam Proglasi,” tegasnya.
Materi yang diberikan dalam latihan Unit Intelijen ini adalah penyelidikan, yang meliputi pengamatan penggambaran, wawancara serta penjejakan. Kemudian pengamanan, meliputi membangun sistem pengamanan, meningkatkan sadar pengamanan dan over/kedok. Disamping itu juga tentang penggalangan yang terdiri dari kampanye berbisik, kontak orang dengan orang, komunikasi clandestain, penculikan dan penyusupan serta puspropaganda dan sebagai materi pendukung dalam latihan ini adalah administrasi intelejen.
Sementara itu, koordinator materi Kapten Inf Abdul Mutholib dihadapan para peserta latihan menjelaskan, bahwa sasaran kualitatif dari latihan ini adalah agar para personil unit intelijen Kodim 0736/Batang memahami dan mampu mengumpulkan keterangan, lalu melaporkan secara cepat sesuai target operasi yang diberikan. Para personil juga harus mampu merencanakan, mempersiapkan, melaksanakan kegiatan  dan operasi penyelidikan dan pengamanan serta administrasi intelejen.
”Unit intelejen diharapkan mampu membuat Renpulket dan menyusun perkiraan keadaan intelejen secara tajam serta mampu menganalisa hingga menyampaikan laporan intelejen, merekrut dan memanfaatkan jaringan intelejen sebagai Bapulket,” ucapnya. (don).
Share on Google Plus

About Donny Nur

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar