Sering Kerja Lembur Risikonya Gangguan Irama Jantung

Masih bekerja di akhir pekan, bahkan sampai tengah malam? Hati-hati, penelitian membuktikan terlalu sering kerja lembut bisa memicu gangguan irama jantung.

Penelitian yang dipublikasikan di European Heart Journal tersebut menggunakan data dari 8 penelitian sebelumnya. Tak kurang dari 85 ribu responden pria dan wanita terlibat dalam penelitian tersebut.

Hasilnya menunjukkan bahwa orang-orang yang bekerja lebih dari 55 jam dalam sepekan punya risiko lebih tinggi untuk mengalami atrial fibrillation. Ini adalah ketidakteraturan irama jantung yang berhubungan juga dengan stroke dan serangan jantung.

Dari seluruh partisipan yang seluruhnya sehat di awal penelitian, ada sekitar seribu orang yang mengalami atrial fibrillation dalam 10 tahun berikutnya. Dikutip dari health.com, ini setara dengan 12,4 kasus tiap 1.000 orang.

Ketika dikelompokkan, angka kejadiannya menjadi 17,6 kasus tiap 1.000 orang pada kelompok yang bekerja lebih dari 55 jam tiap pekan. Risikonya terhitung 40 persen lebih tinggi dibanding kelompok yang bekerja hanya 3-40 jam tiap pekan.

Tidak diketahui pasti bagaimana kerja lembur bisa berpengaruh pada kerja jantung. Namun diyakini, hal itu berhubungan dengan stres dan kelelahan fisik maupun mental. Pada kondisi tersebut, sistem saraf otonom yang mengatur irama jantung, ikut terpengaruh.
Share on Google Plus

About klikdoni

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar