Gara-gara 6 Cara Sarapan Ini Diet Bisa Gagal Total


Meski sedang berdiet, s​arapan ​tak boleh dilewatkan. Perlu diatur agar asupan nutrisi tercukupi dan program diet juga lancar.
Dewan Pertanian dan Pembangunan Hortikultura menyatakan bahwa 25 persen orang melewatkan sarapan lebih dari sekali atau lebih dalam seminggu. Sementara 13 persen tidak pernah sarapan. 

Sarapan juga telah dikaitkan untuk mencegah obesitas, sementara itu sebuah penelitian terbari dari Cardiff University menunjukkan bahwa anak-anak yang rajin sarapan memiliki nilai kognitif yang lebih baik. Nah, dengan banyaknya manfaat sarapan tentu harus diimbangi dengan bahan-bahan yang bernilai gizi tinggi.

Jangan sampai Anda melakukan kesalahan berikut ini saat sarapan yang dilansir dalam Independent (25/01).

1. Melewatkan sarapan
Entah karena tidak ada waktu untuk sarapan atau karena mereka berfikir berat badan akan turun jika tidak sarapan. Ini menjadi salah satu masalah terburuk jika Anda melewatkan sarapan dengan tujuan penurunan berat badan. Jika hal ini terjadi, tentu Anda akan lebih banyak makan saat siang hari karena tingkat kelaparan ​tinggi​ dan rentan membuat keputusan bijaksana sepanjang hari dalam pemilihan makanan.

2. Sereal merupakan pilihan sehat?
Sarapan yang baik harus terdiri dari lemak sehat, karbohidrat dan beberapa sumber protein. Banyak sekali sereal yang dijual di pasaran hanya mengandung karbohidrat dan juga gula. 

Nah, jika ingin menikmati sarapan sereal. Pastikan sereal kaya akan serat dan sajikan dengan susu kaya protein serta tambahan beberapa potong buah tanpa menambahkan gula.

3. Butter dan selai
Di Inggris, roti panggang menjadi salah satu menu khas saat sarapan. Akan tetapi makanan ini belum tentu sehat. Menggunakan roti gandum panggang bisa jadi pilihan yang baik, terutama dengan tambahan telur atau olesan selai kacang. Banyaknya beban gula, lemak jenuh dan karbohidrat sederhana bisa menggagalkan rencana penurunan berat badan.

4. Konsumsi jus jeruk
Banyak orang yang berpikir bahwa konsumsi segelas jus jeruk saat sarapan jadi pilihan tepat. Jus jeruk mengandung vitamin, terutama vitamin C. Akan tetapi jus jeruk mengandung kalori dan juga gula. Lebih baik pilih minum teh hijau, mineral water atau beberapa potong buah.

5. ​Hanya g​ranola bar
Menikmati granola bar saat sarapan bisa membuat sarapan lebih praktis dan cepat, tapi banyak dari mereka justru mengandung kalori yang hampir sama dengan dessert. Banyak sereal bar komersial yang dibuat dengan bahan dasar biskuit dengan lebih banyak gula daripada yang Anda butuhkan.

6. Menikmati kopi
Kopi adalah salah satu minuman yang biasa dinikmati saat pagi hari. Tapi jika kopi ditambahkan dengan gula, krim dan gula sirup tentu akan tidak sehat. Beberapa kopi dengan rasa manis bisa saja berisi lebih banyak kalori dan lemak dibandingkan dengan sepotong kue cokelat. Sebaiknya pilih kopi tanpa gula atau pilih teh hijau ​atau​ teh rasa buah.

Sumber : detikFood
Share on Google Plus

About Donny Nur

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar