Prosesi Grebeg Gunungan Dan Kembul Bujono Paling Ditunggu Warga

Prosesi kirab panji-panji dalam rangka Hari Ulang Tahun Kabupaten Wonosobo ke-192, digelar serentak di 14 Kecamatan, Senin (10/7).
Di Kecamatan Watumalang, upacara serah terima dan kirab panji-panji, yang dihadiri Kapolres AKBP M Ridwan, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, M Zuhri, serta jajaran pejabat Dinas Komunikasi Dan Informatika, mendapat sambutan meriah dari warga setempat.
Ribuan warga masyarakat memadati area kantor Kecamatan, hingga ke lapangan desa yang menjadi pusat kegiatan kembul bujana Ondrowino dan arak-arakan gunungan.
Sejumlah warga yang ditemui di sepanjang rute kirab panji-panji, mengakui mereka sangat menantikan gelaran prosesi tahunan tersebut, salah satunya karena adanya kesempatan untuk menikmati makan bersama sesama warga lain dari berbagai desa di Kecamatan Watumalang.
"Rebutan Gunungan dan makan bersama itu yang paling kami tunggu selain juga beragam atraksi kesenian, karena ini momen langka hanya setahun sekali," terang Ramelan (37), warga setempat mengungkap alasannya datang bersama rombongan keluarga ke arena kirab panji-panji. 
Selain prosesi rutin serah terima panji-panji, yang dilanjutkan dengan kirab, panitia lokal memang menyuguhkan berbagai jenis kesenian khas, seperti Kuda Kepang, atau lebih sering disebut Emblek maupun tari-tarian lainnya.
Kepala Bidang Informasi Komunikasi Dan Publikasi Diskominfo, Bambang Sutejo yang juga bagian dari penggagas even Hari Jadi Kabupaten Wonosobo menjelaskan, prosesi kirab panji-panji yang terdiri dari Songsong Agung, Tombak Korowelang, Bendera lambang Daerah, dan Bendera Merah Putih merupakan bagian pembuka dari berbagai rangkaian kegiatan Hari Jadi. 
Setelah kirab panji-panji yang berlanjut ke setiap desa di masing-masing Kecamatan, pihak panitia masih akan menggelar acara-acara lain, seperti ziarah ke makam para pendiri Wonosobo, doa bersama lintas Agama, hingga ritual Birat Sengkala dan upacara? Agung di Puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Wonosobo, pada 24 Juli mendatang. 
"Warga masyarakat juga dapat mengikuti beragam kompetisi yang digelar panitia Hari Jadi Kabupaten Wonosobo ke-192," lanjut Bambang.
Beragam kompetisi yang akan diselenggarakan dalam rangka HUT Wonosobo, menurut Kepala Seksi Informasi Publik Diskominfo, Sri Fatonah Ismangil meliputi Kontes ternak unggulan, festival paralayang, festival kopi, festival telaga Menjer, hingga Japan Sehat bersama Bupati. 
"Kami berharap warga masyarakat menyambut rangkaian even dalam rangka Hari Jadi Wonosobo secara antusias, karena hadiah yang tersedia juga sangat menarik," tandasnya. (DNA).
Share on Google Plus

About Donny Nur

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar