Minum Air Es Saat Haid Bisa Picu Kista dan Kanker Rahim?

KLIKDONI.com - Terkait hari kanker yang jatuh pada tanggal 4 Februari lalu, beredar broadcast mengenai kista dan kanker rahim. Kali ini disebutkan, mengonsumsi air es, soda dan air kelapa saat haid memicu kista dan kanker rahim. Benarkah?

dr Khanisyah Erza Gumilar, SpOG dari RSUD Dr Soetomo Surabaya mengatakan, kabar yang tersebar merupakan berita yang salah dan hanya mitos. Sebab, menurut dr Erza kista maupun kanker rahim merupakan pertumbuhan yang tidak normal, bukan karena konsumsi minuman, termasuk saat haid.

"Kalau misalnya terbentuk kantong berisi cairan itu namanya kista. Sedangkan kalau membesar dan padat itu namanya tumor dan itu nggak ada hubungannya dengan minum air es," kata dr Erza kepada detikHealth, Senin (6/2/2017).

Ia menjelaskan, kista, tumor dan kanker rahim dapat terjadi pada seseorang karena faktor genetik. Tapi selain itu, ada juga pengaruh gaya hidup yang tidak sehat, misalnya jarang olahraga, merokok dan mengonsumsi alkohol.

"Tapi itu (kista, tumor dan kanker rahim) masih diperdebatkan juga kira-kira apa penyebabnya," sambung dokter yang juga praktik di RS Pendidikan Universitas Airlangga ini.

Kepada detikHealth beberapa waktu lalu, dr Sita Ayu Arumi SpOG dari RS Bunda Jakarta juga mengatakan saluran pencernaan dan saluran reproduksi seseorang berbeda, sehingga apapun yang dikonsumsi tidak berpengaruh terhadap darah haid yang dikatakan tersisa di dinding rahim.

Sementara, pada poin lain di broadcast yang sama disebutkan keramas pada saat haid dapat berbahaya. Karena dapat menyebabkan sakit kepala diakibatkan pori-pori kepala yang sedang terbuka saat haid.

Menanggapi hal ini, dr Erza mengatakan, wanita saat sedang haid memang akan merasakan hal-hal yang tidak nyaman seperti sakit kepala. Hal tersebut berkaitan dengan premenstrual syndrome (PMS) dan bukan disebabkan oleh keramas.

Sedangkan, kabar ketika haid tubuh tidak boleh terbentur atau terjatuh di daerah perut karena dapat menyebabkan muntah darah dan rahim terluka, menurut dr Erza merupakan hal yang salah.

"Kalau jatuh, terbentur suatu benda pasti luka entah luka sobek atau perdarahan di dalam dan ngebahayain rahim pasti. Itu nggak ada hubungan dengan haid," imbuh dr Erza.

"Kalau haid dan terjadi perdarahan justru itu merupakan salah satu proses yang alami. Karena haid itu kan peluruhan lapisan endometrium," pungkas dr Erza.


Solusi Kurang Bergairah, Sulit Orgasme*
Menstruasi Yang Tidak Tuntas, Atasi Kista,
Atasi Keputihan, Menyeimbangkan Hormon Kewanitaan


LADYFEM adalah kapsul HERBAL untuk mengembalikan sistem kerja organ intim wanita, merapatkan & membersihkan dinding-dinding rahim dengan cara aman & menormalkan HORMON kewanitaan.
Membuat wanita lebih bergairah & organ kewanitaan menjadi "seperti perawan", di formulasikan SANGAT KHUSUS sesuai hormon kewanitaan oleh ahlinya & produk PREMIUM wanita yang di rekomendasikan langsung oleh Boyke Dian Nugraha.

Share on Google Plus

About Donny Nur

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar