Peluang Usaha Toko Online

KLIKDONI.com - online shop atau toko online kini tumbuh semakin banyak. Kita tahu bersama bahwa di era digital saat ini, perkembangan teknologi dan informasi bergerak dengan cepat hampir tanpa batas ruang dan waktu. 

Di zaman ini manusia dituntut untuk bergerak cepat dan efektif. Begitu juga di dunia bisnis, para pengusaha dipaksa untuk melek teknologi dan internet agar usahanya bisa menjangkau pasar yang lebih luas dan pasar yang lebih potensial.

Pengguna internet di Indonesia yang  semakin meningkat dari hari ke hari, merupakan peluang pasar yang besar. Melihat peluang yang begitu potensial, wajar jika bermunculan perusahaan- perusahaan tanah air terjun di  e-commerse  . Dengan memasarkan produknya secara online banyak keuntungan yang didapat perusahaan, yaitu : Dapat meningkatkan pangsa pasar, menurunkan biaya operasional, meningkatkan loyalitas konsumen, melebarkan jangkauan (global reach), memperpendek waktu produksi, dan meningkatkan supply manajemen.


Tidak hanya perusahaan besar yang mengambil peluang emas ini, usaha skali kecil juga tidak mau ketinggalan menikmati potensi pasar online. Bahkan setiap orang juga bisa membuka toko online mereka masing - masing di rumah. Tulisan kali ini, akan membahas tentang peluang usaha online shop bagi usaha kecil dan  bagi individu yang ingin mulai berbisnis.

Peluang Usaha  Online Shop Bagi Usaha Kecil

Usaha kecil menjadi tulang punggung ekonomi nasional karena menyumbang 60% dari PDB dan menampung 97% tenaga kerja. Walaupun demikian, usaha kecil masih  kesulitan mengakses ke lembaga keuangan, tercatat hanya sebesar 25% yang dapat mengaksesnya. Masalah yang sering dialami usaha kecil adalah permodalan, dimana mereka sulit mengembangkan skala usaha mereka karena keterbatasan modal.

Dengan berkembangnya teknologi internet saat ini, bisa menjadi angin segar bagi para pengusaha mikro untuk mengembangkan usaha tanpa mengeluarkan banyak modal. Caranya adalah dengan memasarkan produk mereka secara online di internet. Cara berpromosinya bisa dengan membuat website toko online dioptimasi dengan SEO.  Kemudian didukung dengan pemasaran via sosial media seperti facebook, twiiter, dan instagram. Bisa juga menggunakan advertising untuk mendapatkan penjualan secara instan dan cepat seperti Google adword maupun facebook ads. 

Dengan meng-onlline-kan usahanya, pengusaha bisa menjangkau pasar yang lebih luas dan potensial. Maksudnya, dengan internet, info produk kita bisa sampai kepada siapa saja di seluruh dunia. Bisa jadi, di wilayah jauh dari tempat kita produksi, produk kita menjadi barang yang sangat dimininati dengan harga exclusive. Hal semacam ini sudah bayak terjadi dan menjadi awal  proses export barang dari wilayah tempat produksi ke wilayah lain. Hal ini sudah banyak terjadi karena efek pemasaran secara online. 

Keuntungan lain pemasaran secara online adalah adalah menghemat biaya promosi. Jika kita bandingkan promosi yang dilakukan secara konvensional  dengan promosi online, maka hasilnya akan jauh berbeda. Dengan Hasil yang sama, promosi yang dilakukan secara online jauh lebih menghemat budget anda. Hal ini karena promosi via internet bisa dilakukan secara gratis hanya biaya koneksi internet. Hasilnya, jangan ditanya, bahkan seringkali lebih dahsyat daripada promosi secara konvensional.

Peluang Usaha  Online Shop Bagi Individu

Saat ini banyak sekali bermunculan wirausaha baru yang memulai bisnisnya dari bisnis online terutama toko online. Alasanya  sederhana karena  bisnis online adalah bisnis yang bisa dimulai tanpa harus keluar banyak modal, potensi keuntungan menggiurkan, dan minim risiko. Toko online menjadi pilihan utama dari berbagai macam jenis bisnis online yang ada karena termasuk bisnis yang simpel dibanding jenis lainnya. 

Di toko online, kita bisa menjual apa saja mulai dari pakaian, produk kesehatan, produk kecantikan, elektronik, souvenir, makanan, buku, gadget, semua bisa pasarkan di toko online. Bahkan bagi anda yang tidak mempunyai produk sendiri, anda tetap bisa mempunyai toko online dengan menjual produk  orang lain. Apalagi saat ini sedang booming berbisnis dengan sistem dropship. Bisnis dropship diperkirakan akan menjadi primadona beberapa tahun ke depan bagi para pemula yang mempunyai keterbatasan modal untuk memulai bisnis. Anda bisa melakukan bisnis dropship dimanapun anda berada dan kapanpun waktunya.

Apa itu sistem dropship? Apa saja keunggulannya? silahkan disimak artikel terkait 
www.bisnistanpastok.com/keluargahappy

Toko online menjadi begitu booming karena kemudahan dalam menjalankannya. Ditambah lagi dengan perkembangan sosial media yang semakin ramai, membuat para pelaku toko online dipermudah untuk mempromosikan produknya tanpa skill khusus. Selain itu, perkembangan teknologi gadget yang terintegrasi dengan berbagai fasilitas dan aplikasi yang mendukung dalam aktifitas toko online, membuat bisnis ini semakin mudah dijalankan. Salah satu aplikasi penting untuk mendukung toko online adalah aplikasi blackberry messenger.

Ingin tahu lebih lanjut cara memaksimalkan blackberry messenger untuk melejitkan potensi bisnis toko online anda? Simak artikel terkait :  Cara Mudah Menghasilkan Uang Puluhan Juta Dengan Blackberry Messenger.

Demikian tadi ulasan mengenai peluang usaha online shop. Tidak hanya perusahaan besar yang mengembangkan pemasaran secara online, tetapi juga bagi para pengusaha UKM dan usaha perorangan. Potensi pasar online lokal yang begitu melimpah harus segera kita tangkap dengan sebaik-baiknya agar tidak disambar oleh pemasar asing. Oleh karena itu diperlukan strategi dan ilmu internet marketing yang memadai agar hasil yang didapat lebih maksimal. Semoga tulisan ini bisa memberikan informasi dan inspirasi bagi anda yang sudah mempunyai usaha tetapi belum memanfaatkan potensi pasar online. Juga bagi anda yang ingin memulai bisnis dengan keterbatasan modal, usaha online shop menjadi pilihan yang tepat.

                                    Ingin segera LANGSUNG BISNIS? klik tombol berikut ini :

Share on Google Plus

About klikdoni

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar