Pentingnya Memahami Algoritma Facebook Bagi Facebook Marketer

KLIKDONI.com - Pentingnya Memahami Algoritma Facebook Bagi Facebook Marketer - Sebagai seorang digital marketer, terutama bagi anda yang fokus disosial media marketing, yaitu facebook, memahami secara baik dan benar algoritma facebook adalah hal pertama dan utama. 

Kenapa ? karena jika anda tidak mengenal algoritma yang diterapkan facebook, maka aktivitas marketing anda akan sia - sia dan hanya membuang - buang waktu tanpa hasil maksimal. Hal ini sering saya temukan pada sebagian besar teman - teman yang secara " membabi buta " melakukan aktifitas marketingnya. Hasilnya sudah bisa ditebak, mereka ini hanya buang - buang waktu dan dengan cepat menjudge bahwa marketing di facebook is not work. Padahal kenyataannya, mereka yang gagal ini, tidak menggunakan dan memanfaatkan  ilmu algoritma facebook. 

Bahkan anak didik saya sendiri, seringkali "mbalelo", tidak mau menerapkan ilmu yang sudah diberikan dengan baik dan benar. Padahal sudah saya jelaskan di awal pertemuan dan sering saya ulang di pertemuan - pertemuan berikutnya, bahwa lakukan seperti petunjuk dan ilmu yang telah disampaikan. Tetapi kenyataannya, masih banyak yang suka menggunakan cara lama mereka sendiri dan mengedepankan feeling bukan ilmu yang benar. Kalau sudah seperti itu, saya berlepas tangan saat mereka mengeluh tentang hasil yang mengecewakan yang didapat. Karena  tugas saya sudah selesai menyampaikan ilmu dan metode marketing facebook yang benar, masalah mereka mau praktik atau tidak, kembali ke pribadi masing - masing. 

Mengapa Harus Memahami Algoritma Facebook Adgerank ?

Algoritma facebook edgerank adalah sebuah algoritma yang bekerja untuk memilih update mana yang akan muncul di newsfeed masing- masing pengguna facebook, mana yang tampil paling atas, tengah, paling bawah, atau yang tidak perlu dimunculkan di newsfeed. Cara kerja algoritma ini adalah dengan membuat penilaian hubungan interaksi antara satu user dengan user yang lain. Semakin erat hubungan interaksi antar user tersebut, maka setiap update yang dilakukan user akan muncul di newsfeed user yang memiliki interaksi dengannya.
Memahami algoritma facebook adgerank adalah hal pertama dan utama karena ini berkaitan dengan cara, tipe, dan pola kita dalam merilis postingan agar bisa menjangkau para fans (jika fanspage) dan menjangkau teman ( jika facebook profile) secara maksimal. Mempelajari algortima facebook bagi facebook marketer sama pentingnya seperti halnya mempelajari algoritma Google bagi seorang search marketer. 

Kalau search marketer mempelajari algortima google agar situsnya berada di halaman pertama google, bagi facebook marketer, mempelajari algoritma facebook bertujuan agar setiap postingannya muncul di newsfeed para fans atau teman facebook secara maksimal. Percuma kalau kita mempunyai banyak like di fanspage, tetapi hanya sedikit orang yang terjangkau. Misal kita mempunyai fanspage dengan 100.000 like, tetapi jangkauan postingnya hanya mencapai ratusan orang. Atau facebook profile yang mempunyai teman maksimal 5000 orang, tetapi sepi interaksi karena memang postingan kita tidak menjangkau di newsfeed teman.

Jadi. mempelajari algoritma facebook sangat penting agar aktifitas marketing kita di facebook menjadi lebih efektif dan menghasilkan lebih bayak. Berikut ini akan dijelaskan tentang unsur - unsur yang membentuk sebuah algoritma adgerank.

Tiga Unsur Pembentuk Algoritma Adgerank

Untuk memahami algortma edgerank. kita harus mengetahui unsur - unsur pembentuknya. Ada 3 unsur pembentuk algoritma adgerank yaitu :  Affinity, Weight, dan Time Decay.

1. Affinity

Secara sederhana, affinity adalah tingkat interaksi antara satu user dengan user lainnya. Untuk menilai interaksi ini, facebook menggunakan indikator like, comment, dan share. Apabila kita melihat suatu postingan bagus, maka kita akan minimal like. Jika ada post yang bagus dan menarik perhatian, kita akan tergerak untuk ikut comment. Dan jika ada posting yang benar - benar berkualitas, penting, dan bermanfaat untuk orang lain, kita akan memilih untuk berbagi dengan teman (share). Jadi interaksi user dengan kita di masa lalu akan berpengaruh terhadap muncul atau tidaknya postingan kita selanjutnya di newsfeed user.

2. Weight

Weight adalah bobot penilaian yang diberikan terhadap suatu update. Semakin banyak postingan kita mendapat shared, comment, dan like, maka adgerank menilai postingan kita adalah postingan yang berkualitas sehingga postingan kita akan lebih banyak dimunculkan di newsfeed user yang lain. Semakin tinggi jumlah interaksi pada suatu postingan, maka algoritma adgerank akan memprioritakan postingan tersebut menjangkau lebih banyak newsfeed user facebook.

3. Time Decay

Time decay diartikan sebagai seberapa  tua postingan kita. Semakin tua postingan kita, maka semakin kecil kemungkinan akan muncul di newsfeed user. Dengan kata lain, sebuah postingan mempunyai masa "hidup" untuk tetap eksis muncul di newsfeed. Semakin berat nilai  suatu postingan karena banyaknya interaksi, maka semakin lama masa hidup postingan tersebut di newsfeed facebook.

Tips  Meningkatkan Edgerank Facebook 

Setelah kita mengetahui  apa itu algoritma adgerank dan unsur pembentuknya, maka kita bisa mengelola akun facebook profile atau fanspage kita dengan baik, agar setiap update yang kita lakukan bisa menjangkau lebih banyak user. Berikut ini adalah tips untuk meningkatkan edgerank akun facebook kita :

1. Posting Sesuatu yang Berkualitas 

User di facebook akan senang membaca atau menyaksikan sesuatu yang menarik dan banyak manfaatnya.  Konten yang berkualitas ini bisa berupa teks, foto, maupun bentuk video. Konten yang menarik dan berkualitas dengan sendirinya akan mendapatkan nilai bobot yang tinggi karena banyak mendapat like, comment dan share. Jadi, yang harus anda perhatiakan pertama kali jika ingin meningkatkan edgerank adalah menyiapkan konten berkualitas bagi pengguna facebook.

2. Bangun Interaksi dengan Postingan Interaktif

Buatlah postingan yang mengajak user untuk ikut serta menaggapi postingan anda. Jenis postingan ini bisa berupa tebak-tebakan, kuis, tanya kabar, tanya kesukaan dan hobi, dan lain - lian. Intinya anda harus pintar  memancing user agar terlibat interaksi aktif , sehingga mampu meningkatkan nilai affinity score.

3. Buatlah Postingan yang Teratur

Membuat postingan yang mempunyai jeda waktu teratur, bisa mengontrol time decay, agar setiap postingan kita bisa menjangkau user secara maksimal. Caranya adalah dengan  mengatur jadwal postingan kita pada jam - jam tertentu. Untuk menjadwal postingan, bisa menggunakan pihak ketiga seperti Hootsuite, Buffer, dan grabinbox.

4. Hindari Postingan yang Memicu Respon Negatif

Postingan yang memicu respon negatif seperti posting yang mengandung SARA  dan pornografi harus kita hindari. Jika postingan kita membuat orang lain terganggu, maka mereka akan melaporkan postingan kita sebagai spam atau melanggar ketentuan facebook. Akibatnya skor adgerank kita akan menurun.

Kesimpulan

Sebagai facebook marketer, wajib hukumnya memahami algoritma facebook adgerank agar bisa memaksimalkan hasil yang ingin dicapai. Meskipun algoritma facebook akan terus berubah dan berbenah, akan tetapi inti dari algoritmanya tidak akan berubah yaitu tentang interaksi antar user. Jadi yang harus kita lakukan adalah berusaha sebaik mungkin memberikan update konten berkualitas bagi user, update secara teratur, dan selalu menjaga interaksi agar tetap berjalan dengan baik.

                                        Ingin segera LANGSUNG BISNIS? klik tombol berikut ini :

Share on Google Plus

About Donny Nur

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar