Kunci Sukses dan Tahapan Memulai Usaha Kecil

KLIKDONI.com - Usaha Kecil apalagi yang nyaris tanpa modal butuh ketekunan, usaha keras yang luar biasa. Jauh di atas rata-rata usaha yang punya modal besar. Namun demikian usaha keras tersebut tidak akan ada artinya manakala Anda salah mentor sehingga terjerumus ke mana-mana untuk mencoba tanpa ada yang mengarahkan, tidak bisa menghasilkan uang dan berujung pada putus asa.

a. Amati, Tiru dan Modifikasi

Saat membuat model bisnis, coba lihat ke sekeliling dan cari contoh sukses dari model bisnis yang Anda kehendaki, lalu pelajari, amati, tiru dan modifikasi. Perlu diingat, semua bisnis pasti ada model yang sudah pernah ada, bila Anda tak dapat menemukan, entah Anda yang luar biasa jenius, atau model bisnis Anda tidak bakal berhasil di dunia nyata.

b. Cari Partner untuk sharing resiko

Kalaupun butuh modal, usahakan untuk tidak menginvestasikan uang sendiri. Karena kebanyakan bisnis adalah perjalanan yang berisiko, apalagi Anda belum paham betul dengan risiko yang nanti akan terjadi, maka carilah partner. Jadi, jika semuanya tidak berjalan semua rencana, Anda tidak bakal bangkrut karena dana start-up tadi, dan tidak dikejar utang.

c. Harga Waktu, Konversikan ke Uang

Konversikan waktu yang Anda keluarkan untuk berbisnis dengan uang. Beri nilai uang pada waktu Anda, misalnya Rp20 ribu per jam. Tujuannya adalah membantu saat Anda harus mengambil keputusan: misalnya saja sebuah toko mengenakan biaya Rp10 ribu untuk pengiriman setiap minggu, dan Anda membutuhkan waktu 2 jam untuk pergi ke toko tersebut sendiri, maka bayar terus ongkos kirim dari perusahaan tersebut, karena lebih murah. Ini prinsip dasar dari menghargai waktu.

d. Lakukan Secara Maksimal

Tahap awal memulai usaha, Anda harus bersedia bekerja keras, lembur, melupakan keuntungan pribadi dan kesehatan. Sebagai pengusaha pemula, Anda pasti tidak akan mampu membayar karyawan, sekalipun karyawan yang murah. Jadi, karyawan Anda, adalah Anda sendiri. The company is me!

e. Rekrut Karyawan

Jika usaha Anda sudah mulai berjalan, jangan show of force sendirian. Mulailah untuk rekrut karyawan dengan baik. Untuk itu, lakukan proses rekrutmen dengan hati-hati, tanpa tergesa-gesa. Cari yang punya passion di bidang tersebut. Karyawan adalah kunci masa depan usaha Anda. Di tangan mereka visi misi Anda akan diwujudkan.

f. Manfaatkan Teknologi Terbaru

Karena usaha Anda berbasis online, maka gunakan teknologi terbaru. Teknologi baru seperti aplikasi dan penyimpanan data dengan cloud technology sangat murah dan membuat perusahaan kecil dapat bersaing dengan perusahaan besar. Alokasikan waktu Anda untuk mempelajari beberapa perkembangan teknologi terbaru sehingga Anda bisa memanfaatkan teknologi rendah biaya yang ada di pasaran untuk menunjang usaha Anda

g.Hindariperangharga dengan menjual kelebihannya

Hindari perang harga, dengan menjual kelebihannya, dan bukan harganya. Saat Anda memulai usaha, sudah sewajarnya Anda frustasi memasarkannya, mengingat produk atau layanan Anda masih baru dan belum dikenal. Hindari bersaing pada harga, Anda pasti akan kalah dengan pemain lama. Jual kelebihan jasa atau produk Anda, kuasai keahlian berkomunikasi dengan pelanggan, untuk menjelaskan bahwa harga produk Anda lebih tinggi karena memiliki nilai yang lebih baik.
ngin segera LANGSUNG BISNIS? klik tombol berikut ini :

Share on Google Plus

About klikdoni

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar