6 Cara efektif maksimalkan Facebook Page untuk bisnis Anda!

Tak bisa dipungkiri media sosial seperti Facebook telah membawa peluang bisnis yang baik bagi para pengusaha dalam berbagai skala. Jumlah Facebook Page usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pun terus berkembang dari waktu ke waktu.

 

Secara global, terdapat 65 juta Facebook Page bisnis dan terdapat sekitar 93 juta pengguna Facebook aktif di Indonesia. Jumlah ini tentu menunjukkan bagaimana Facebook telah menjadi wadah bagi barang dan jasa seiring dengan pertumbuhan pesat interaksi yang terjadi di Facebook.
Menjadi media sosial yang paling banyak digunakan di dunia, Facebook telah menjadi salah satu sarana paling efektif untuk berbagai tujuan bisnis.

Jika Anda sedang memulai bisnis dan bingung bagaimana cara yang tepat dan efektif untuk memasarkan barang atau jasa Anda di media sosial khususnya Facebook, berikut beberapa caranya.

1. Hubungkan Facebook Page ke situs web Anda
Website adalah platform terbaik untuk meletakkan informasi lengkap dan mendetil tentang barang dan jasa apa yang Anda tawarkan. Jika Anda tidak memilikinya, Anda bisa langsung menggunakan Facebook Page sebagai tempat bagi calon pembeli menggali informasi tentang produk Anda.

Banyak bisnis yang menggunakan Facebook sebagai sarana utama untuk keberadaan online mereka. Namun hal ini tak sepenuhnya efektif, pasalnya Anda tentu ingin membangun merek bisnis Anda, bukan merek dari media sosialnya. Solusinya dari hal tersebut adalah mendaftarkan nama domain (atau alamat web) dan mengarahkannya langsung ke Facebook Page Anda. Hal ini disebut web forwarding, yang dapat membuat semua pengunjung nama domain Anda diarahkan ke Facebook Page Anda.

Hal ini ternyata cukup populer. Dari kuartal keempat 2014 sampai kuartal keempat 2015, praktik mengarahkan pengunjung ke Facebook Page meningkat sebesar 21 persen.

2. Berbagi konten yang relevan
Facebook Page Anda tidak hanya merupakan tempat untuk memberi calon pembeli Anda berbagai informasi dasar tentang produk Anda ke pelanggan. Anda juga bisa melakukan posting berita dan acara-acara mendatang, mengunggah foto dan video, merayakan pencapaian, atau bahkan membagikan link dari sumber lainnya yang mendukung pesan bisnis Anda.

Bahkan lebih baik lagi, sediakan sebuah link kembali pada situs web Anda, untuk mendorong lebih banyak trafik ke situs Anda.
Jangan lupa untuk selalu melakukan posting secara konsisten. Dari konsistensi tersebut buatlah analisis akan reaksi dari audience Anda, agar pengikut Anda tahu kapan dan jenis postingan seperti apa yang dapat diharapkan dari bisnis Anda.

3. Terlibat dengan pelanggan
Facebook Page Anda juga merupakan saluran untuk terlibat secara cepat dengan pelanggan secara dua arah. Selalu awasi dan dengarkan komentar pada postingan dan tanggapan pelanggan. Anda tidak perlu merespon setiap pesan, tetapi berinteraksilah dengan mereka ketika diperlukan.

Dengan fitur pesan pada Page (Pages Messaging), pelanggan dapat mengirimkan pesan pribadi kepada Anda. Anda juga dapat mengirimkan kembali atau menyimpan balasan secara otomatis dari pelanggan yang mengirimkan pesan kepada Anda, dan bahkan menandai waktu rata-rata Anda membalas hingga pertanyaan – menjaga pelanggan tetap tahu, senang, dan terlibat.

4. Buat penawaran atau adakan sebuah acara
Facebook Page bisnis memberi kemudahan bagi pengguna untuk membuat penawaran spesial seperti diskon dan kupon untuk pelanggan.

Selain itu, Anda juga bisa mengadakan acara spesial dan mengundang semua pengikut Anda. Ketika orang-orang menerima undangan Anda, acara yang Anda selenggarakan akan ditambahkan ke dalam kalender Facebook mereka sebagai peringatan. Ditambah lagi, Anda bisa melihat siapa yang akan datang ke acara Anda dan siapa yang tertarik, sehingga Anda dapat memperkirakan kehadiran acara Anda dengan seksama.

5. Memasang iklan
Seiring semakin banyak waktu yang dihabiskan konsumen pada media sosial, Anda mungkin perlu mempertimbangkan pemasangan iklan pada Facebook. Iklan pada Facebook memberikan Anda peluang untuk mempromosikan bisnis Anda ke basis pengguna yang sangat besar, dengan biaya yang relatif murah (5 dollar).

Untuk memulai, putuskan apa yang akan menjadi tujuan dari iklan atau 'campaign' Anda. Apakah Anda ingin meningkatkan keberadaan merek Anda di masyarakat, mencari pelanggan baru, atau mengincar posisi produk 'top mind' di masyarakat.

Berbagai hal yang layak dipertimbangkan dalam memasang iklan media sosial adalah di mana lokasi Anda dan lokasi penayangan iklan Anda, rentang usia calon pembeli produk Anda seberapa, kecenderungan minat dari calon pembeli Anda seperti apa,perilaku mereka bagaimana, dan koneksi mereka bagaimana.

6. Mengukur kinerja
Aturan nomor satu dalam pemasaran, khususnya online, adalah mengetahui dan memahami audience Anda. Facebook Insights merupakan fitur pada Page Anda yang memberikan gambaran tentang siapa pengikut Anda dari jenis kelamin, usia dan lokasi. Selain itu juga terdapat statistik tentang seberapa sering mereka berkunjung, seberapa banyak yang memberikan tanda like, atau membagikan konten

Anda, serta konten apa saja yang cocok dengan audiens Anda.
Gunakan informasi ini untuk mempertimbangkan dan membuat keputusan marketing yang akan meningkatkan keterlibatan Anda dengan pelanggan kedepannya, dan secara ideal untuk menambahkan nilai bisnis Anda.


Ingin segera LANGSUNG BISNIS? klik tombol berikut ini :



Share on Google Plus

About Donny Nur

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar