Pertamina Siapkan 28 SPBU Kantong Jelang Arus Balik Lebaran

Arus balik mudik lebaran yang diprediksi tinggi pada tanggal 1-2 Juni 2017 mendapat perhatian khusus dari banyak pihak khususnya dikarenakan pada hari ini yaitu tanggal 30 Juni 2017, truk dan kendaraan berat lainnya sudah mulai diizinkan beroperasi kembali.

KementerianPerhubungan menghimbau masyarakat untuk yang ingin kembali ke Jakarta sebaiknya dilakukan tanggal 29 Juni agar dapat meminimalisir kemacetan.

PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV telah mempersiapkan strategi guna dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam pemenuhuan kebutuhan BBM selama arus balik lebaran tahun ini.
Area Manager Communication & Relations PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV Wilayah Jawa Bagian Tengah & DIY Andar Titi Lestari mengatakan, Pertamina tetap siaga kerahkan semuanya mulai dari 28 SPBU Kantong yang telah dialokasikan di berbagai titik prediksi kemacetan untuk membantu mempercepat suplai pasokan BBM ke SPBU arah arus balik lebaran dan Kiosk & Mobile Dispenser disiapkan di tol Darurat Brebes – Gringsing.

“28 SPBU kantong untuk persiapan arus balik sudah kami siapkan di titik-titik SPBU yang diprediksi merupakan titik-titik kemacetan selama arus balik. SPBU kantong ini bersifat seperti mobile storage yang berfungsi memperpendek jarak suplai dengan stand by di SPBU untuk cepat memasok BBM ke SPBU”, jelas Andar di Semarang, Jumat (30/6).

Sudah mulai beroperasinya truk dan kendaraan berat diprediksi selain akan menimbulkan kemacetan juga dipastikan konsumsi solar mulai kembali normal, dimana sempat turun selama masa mudik lebaran tahun ini dikarenakan tidak diperbolehkannya truk dan kendaraan berat untuk beroperasi selama masa mudik lebaran.

“Solar sampai dengan tanggal 29 Juni 2017 mengalami penurunan sebesar 16% dimana rata-rata realisasi harian selama satgas sebesar 4.219 KL per hari turun dari rata-rata konsumsi harian normal yang sebesar 5.033 KL per hari. Besar kemungkinan tanggal 30 nanti konsumsi solar sudah mulai naik kembali," imbuh Andar.

Andar menambahkan konsumsi BBM melalui KiosK dan Mobil Dispenser yang beroperasi sejak H-10, tercatat konsumsinya hingga tanggal 29 Juni 2017 khusus di wilayah Jateng terus meningkat dan mencapai 200.406 L untuk Pertamax, 5.520 L untuk Pertamina Dex dan 7.101 L untuk Dexlite.

“Masih banyak sampai hari ini masyarakat yang melakukan libur lebaran dengan berlibur ke daerah Jawa Tengah, untuk itu kami  sampaikan tetap dalam himbauan mudik sebelumnya untuk mengisi tangki full di SPBU sebelum berangkat dan pastikan untuk mempermudah pencarian SPBU untuk dapat
mengunduh aplikasi Pertamina GO untuk mencari lokasi SPBU terdekat. Kami berharap masa libur lebaran tahun ini pelayanan yang kami berikan dapat terus optimal demi kelancaran dan kenyamanan mudik masyarakat," pungkas Andar. (don).
Share on Google Plus

About Donny Nur

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar